Breaking News:

Lebaran 2022

Jurug Solo Zoo Gelar Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan, 3.000 Ketupat jadi Rebutan Pengunjung

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau dikenal Jurug Solo Zoo menggelar Kirab Jaka Tingkir sebagai acara Puncak Syawalan 2022, Minggu (8/5/2022).

TribunTravel/ Ratna Widyawati
Pengunjung Jurug Solo Zoo berebut ketupat dan hasil bumi yang dibagikan dalam acara Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan, Minggu (8/5/2022). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau dikenal Jurug Solo Zoo menggelar Kirab Jaka Tingkir sebagai acara Puncak Syawalan 2022, Minggu (8/5/2022).

Dalam acara Kirab Jaka Tingkir hadir pula Wakil Walikota Surakarta Teguh Prakosa, Kepala Dinas Pariwisata Aryo Widyandoko dan Direktur Perumda TSTJ Bimo Wahyu Widodo dan putra Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta GPH Dipokusumo BRM Suryo Adhityo Nuswantoro yang berperan sebagai Jaka Tingkir.

Acara Kirab Jaka Tingkir dimulai dari halaman Jurug Solo Zoo ke tepi danau sebelah timur.

Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan di Jurug Solo Zoo, Minggu (8/5/2022).
Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan di Jurug Solo Zoo, Minggu (8/5/2022). (TribunTravel/ Ratna Widyawati)

Baca juga: Potret Sandiaga Uno Nonton Solo Menari 2022, Pakai Kostum Wayang hingga Kirab Naik Kuda

Kirab Jaka Tingkir ini pun menarik ribuan pengunjung Jurug Solo Zoo untuk berkumpul di pinggir danau menyaksikan drama kolosal Jaka Tingkir.

Drama kolosal ini menceritakan kisah Jaka Tingkir yang berhasil melawan gangguan dan menyebrangi danau dengan perahu gethek.

Jaka Tingkir yang diperankan oleh putra Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta GPH Dipokusumo BRM Suryo Adhityo Nuswantoro menyebrangi danau dalam acara Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan di Jurug Solo Zoo, Minggu (8/5/2022).
Jaka Tingkir yang diperankan oleh putra Pengageng Parentah Keraton Kasunanan Surakarta GPH Dipokusumo BRM Suryo Adhityo Nuswantoro menyebrangi danau dalam acara Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan di Jurug Solo Zoo, Minggu (8/5/2022). (TribunTravel/ Ratna Widyawati)

Seperti yang diketahui bersama, beberapa tahun lalu drama kolosal menceritakan kisah pertarungan Jaka Tingkir dengan puluhan buaya.

Namun di tahun ini, setelah vakum dua tahun, drama kolosal Jaka Tingkir tidak menampilkan pertarungan dan aksi menceburkan ke danau.

Meski sajian drama kolosal ditampilkan sederhana dan berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, namun antusias pengunjung tidak berkurang.

Baca juga: Mudik Lewat Jalur Pantura, Cobain 3 Kuliner Khas Solo untuk Menu Makan Malam

Baca juga: Festival Kuliner Hadir di The Park Mal Solo saat Libur Lebaran, 80 Tenant Tawarkan Menu Unik

Sebanyak 3.000 Ketupat jadi Rebutan Pengunjung Jurug Solo Zoo

Gunungan ketupat yang dibagikan ke pengunjung Jurug Solo Zoo dalam acara Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan, Minggu (8/5/2022).
Gunungan ketupat yang dibagikan ke pengunjung Jurug Solo Zoo dalam acara Kirab Jaka Tingkir Puncak Syawalan, Minggu (8/5/2022). (TribunTravel/ Ratna Widyawati)

Setelah drama kolosal Jaka Tingkir selesai, rangkaian acara dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, sambutan dari Wakil Walikota Surakarta dan doa.

Usai memanjatkan doa bersama-sama, 3.000 ketupat dibagikan dan menjadi rebutan pengunjung Jurug Solo Zoo.

Tak hanya ketupat, hasil bumi berupa kacang panjang, terong juga diperebutkan pengunjung Jurug Solo Zoo.

Sebelum dibagikan, ketupat dan hasil bumi tersebut telah didoakan terlebih dahulu.

Sebagian dari mereka percaya bahwa menyimpan ketupat atau hasil bumi dari acara Kirab Jaka Tingkir mampu membawa berkah di kehidupannya.

Tonton juga:

Baca juga: Rekomendasi 5 Tempat Wisata Populer di Jakarta yang Buka saat Libur Lebaran 2022

Baca juga: 5 Kuliner Legendaris di Cirebon Buat Menu Makan Malam, Ada Mie Koclok Panjunan dengan Kuah yang Khas

(TribunTravel.com/ Ratna)

Baca selengkapnya seputar Lebaran 2022, di sini.

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved