Breaking News:

Cegah Lonjakan Covid-19, Semua Obyek Wisata di Kabupaten Bandung Ditutup Sementara

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menutup semua obyek wisata dan sarana olahraga hingga Senin (21/6/2021) mendatang.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Nurul Intaniar
Instagram @ranca_upas
Bumi perkemahan Ranca Upas, Ciwidey, Bandung. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menutup semua obyek wisata dan sarana olahraga hingga Senin (21/6/2021) mendatang.

Penutupan seluruh obyek wisata dan sarana olahraga Jalak Harupat di Kabupaten Bandung, Jawa Barat ini dilakukan dalam rangka mencegah lonjakan kasus Covid-19.

Hal ini disampaikan Pemkab Bandung melalui akun Instagram @humaskabbdg.

Melalui akun Instagram tersebut Pemkab Bandung menyampaikan penutupan sementara seluruh obyek wisata dan sarana olahraga Jalak Harupat yang berlangsung selama tujuh hari.

"Warga Kabupaten Bandung. Menyikapi penetapan Siaga Satu Covid-19 oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bupati Bandung Dadang Supriatna menutup seluruh obyek wisata selama satu minggu ke depan. Tak hanya tempat wisata, bupati juga menutup Sarana Olahraga Jalak Harupat untuk sementara waktu," isi keterangan dalam unggahan di akun @humaskabbgd.

Penutupan sementara ini berlangsung mulai tanggal 15 hingga 21 Juni 2021.

Informasi penutupan semua obyek wisata dan sarana olahraga Jalak Harupat Kabupaten Bandung.
Informasi penutupan semua obyek wisata dan sarana olahraga Jalak Harupat Kabupaten Bandung. (Instagram/@humaskabbdg)
Masyarakat dan wisatawan pun diimbau untuk menunda dan tidak mendatangi kawasan wisata di Kabupaten Bandung.

Dilansir dari laman Kompas.com, Sabtu (19/6/2021), Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bandung Yosep Nugraha mengonfirmasi penutupan sementara semua obyek wisata di Kabupaten Bandung.

"Ya, semua destinasi wisata di Kabupaten Bandung," kata Yosep kepada Kompas.com, Rabu (16/6/2021).

Adapun daerah yang termasuk wilayah Kabupaten Bandung, di antaranya Pasirjambu, Ciwidey, dan Rancabali.

Sebelumnya Kompas.com melaporkan, kawasan wisata di tiga daerah tersebut pernah ditutup sementara pada bulan Mei akibat membeludaknya pengunjung.

Yosep menambahkan, obyek wisata yang melanggar akan ditutup oleh Satgas Covid-19 setempat.

"Surat edarannya pun memerintahkan (untuk) ditutup. Kalau dilanggar, ya ditutup oleh Satgas Covid-19 bidang penegakan disiplin," ujarnya.

Ridwan Kamil Larang Wisata ke Bandung

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil melarang wisatawan dari luar daerah berwisata ke wilayah Bandung Raya.

Wilayah Bandung Raya meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat yang notabene berbatasan langsung atau masih dalam satu wilayah aglomerasi.

Seperti diketahui, dalam unggahan akun Instagram @ridwankamil menjelaskan bahwa wisatawan dilarang mendatangi kawasan Bandung raya selama tujuh hari ke depan, karena wilayah Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Bandung berstatus zona merah.

Melansir TribunJabar, penutupan tempat wisata ini merupakan satu dari berbagai aturan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam memperketat Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal tersebut disampaikan juga oleh Wali Kota Bandung, Oded M Danial, dalam kegiatan rapat terbatas antara Pemkot Bandung dengan unsur Forkopimda lainnya dalam menyikapi kasus Covid-19.

Hasil dari rapat tersebut, tempat hiburan dan objek wisata akan ditutup.

"Hasil evaluasi kami melihat kondisi Covid-19 saat ini, kami akan tutup tempat hiburan dan objek wisata. Restoran kami minta untuk berlakukan take away, operasional mal, pasar, dan toko modern dibatasi. Acara pernikahan diperbolehkan akad saja, tidak dengan resepsi," katanya.

Hasil evaluasi lainnya adalah aktifkan kembali pos-pos siaga dan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di semua kelurahan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved