Breaking News:

Ini Tanggapan BPPTKG dan LAPAN Terkait Foto Kilatan Cahaya Diduga Meteor di Gunung Merapi

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, mengonfirmasi CCTV yang menangkap kilatan cahaya berada di Deles, sisi timur Gunung Merapi.

Instagram/gunarto_song
Melalui akun Instagramnya, @gunarto_song mengunggah tiga foto yang menunjukkan kilatan cahaya di puncak Merapi. Dalam keterangan yang ia tulis menunjukkan bahwa foto diambil di Kali Adem, Cangkringan, Yogyakarta pada 27 Mei 2021 pukul 23.07 WIB. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM) angkat bicara tekait foto kilatan di Gunung Merapi yang viral di media sosial.

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida, mengonfirmasi CCTV yang menangkap kilatan cahaya berada di Deles, sisi timur Gunung Merapi.

"Kamera CCTV yang berada di Deles, sisi timur Gunung Merapi, sempat merekam kilatan cahaya pada tanggal 27 Mei 2021 pukul 23.08.10 WIB," ungkap Hanik kepada Tribunnews.com melalui keterangan tertulis, Jumat (28/5/2021).

Hanik menjelaskan, tidak ada sinyal yang signifikan dari data kegempaan.

Baca juga: Menyaksikan Peninggalan Pilu Sisa Erupsi Gunung Merapi di Museum Omahku Memoriku

Masih dalam kesempatan yang sama, Hanik menjelaskan bahwa salah satu tugas BPPTKG-PVMBG-Badan Geologi adalah melakukan mitigasi Gunung Merapi.

"Namun kami tidak memiliki tugas untuk mengamati benda langit sehingga BPPTKG tidak bisa memastikan benda apa yang terlihat dalam gambar tersebut," lanjutnya.

Kolase kilatan cahaya yang jatuh di puncak Gunung Merapi
Kolase kilatan cahaya yang jatuh di puncak Gunung Merapi (@gunarto_song via twitter @merapi_uncover)

Diduga meteor

Sementara itu, peneliti Pusat Sains Antariksa (Pussainsa) Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Rhorom Priyatikanto menyebut, dari foto yang beredar memang tampak seperti meteor yang cukup terang.

"Tapi belum tentu jatuh tepat di puncak Merapi, bisa saja di sebelah utaranya," ungkap Rhorom saat dihubungi Tribunnews.com, Jumat (27/5/2021).

Rhorom melanjutkan, dari foto tersebut sulit dikonfirmasi apakah ada serpihan meteor yang tersisa dan sampai ke permukaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Sinta Agustina
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribunnews.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved