Breaking News:

Ramai Pengunjung, Taman Impian Jaya Ancol Tutup Sementara hingga 17 Mei 2021

Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol, memutuskan akan menutup sementara kawasan Ancol pada 16-17 Mei 2021.

Instagram/ @ancoltamanimpian
Pengunjung di kawasan Taman Impian Jaya Ancol 

TRIBUNTRAVEL.COM - Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol memutuskan akan menutup sementara kawasan Ancol pada 16-17 Mei 2021.

Penutupan Ancol dimulai pada Sabtu (15/5) tanpa ada pemberitahuan sebelumnya, sehingga banyak calon pengunjung yang kecewa.

Direktur Utama Taman Impian Jaya Ancol, Teuku Sahir Syahali, menjelaskan dalam siaran pers bahwa penutupan terpaksa dilakukan setelah mengamati situasi selama dua hari, serta mendapat masukan dari berbagai pihak.

"Kami melakukan penguatan protokol kesehatan yang mulai dilakukan pada hari ini. Setelah obeservasi, mempertimbangkan, dan masukan dari berbagai pihak, maka penutupan kawasan Ancol diperpanjang sampai 17 Mei 2021,” ucap Sahir dalam siaran pers.

Baca juga: Akui Tak Tahu Candi Borobudur Tutup saat Libur Lebaran 2021, Wisatawan Diminta Putar Balik

Salah satu akuarium di Sea World Ancol.
Salah satu akuarium di Sea World Ancol. (Instagram/ @seaworld.ancol)

“Ini (penutupan ancol) merupakan tindak lanjut dari teguran berbagai pihak. Diinstruksikan untuk langsung tutup pantai. Kami langsung bertindak sejalan dengan upaya Pemprov DKI untuk menekan potensi penyebaran virus Covid-19,” kata Sahir.

“Ancol akan dibuka kembali hari Selasa, 18 Mei 2021, melalui koordinasi dengan instansi terkait,” jelas Sahir.

Kapasitas Ancol adalah 192 ribu pengunjung, dan ketentuan Pemprov selama masa liburan boleh menerima pengunjung max 30% dari kapasitas.

Baca juga: Libur Lebaran, Wisata Candi Gedongsongo Semarang Tutup Mulai 9 Mei 2021

Walaupun jumlah pengunjung kemarin, masih dibawah 30% tetapi Ancol akan menambah beberapa kegiatan pencegahan maka untuk sementara ditutup.

Penutupan ini dimanfaatkan pihak Taman Impian Jaya Ancol untuk melakukan penguatan penerapan protokol kesehatan di seluruh kawasan, antara lain di antaranya penyemprotan disinfektan di seluruh area vital rekreasi (pantai, jalan, promenade, toilet, loket gerbang, tenant-tenant restoran dan unit-unit rekreasi di dalamnya.

Kemudian, penambahan signage dan tali pembatas pelarangan berenang di area pantai.

Penambahan tali pembatas untuk social distancing di area promenade.

Baca juga: Candi Prambanan dan Ratu Boko Tetap Beroperasi Selama Libur Lebaran 2021, Simak Promo Menariknya

Penutupan ini pun sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Dinas Pariwisata DKI Jakarta, yang isinya instruksi penutupan seluruh tempat wisata pada 16-17 Mei 2021 mendatang.

“Kami menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan ini dan berharap saat Ancol dibuka kembali, pengunjung dapat bersama-sama menjaga seluruh protokol kesehatan agar dapat dijalankan secara disiplin demi kesehatan bersama, Kepada pengunjung yang telah melakukan pembelian tiket secara online dapat melakukan penjadwalan ulang kunjungan melalui https://reservasi.ancol.com yang berlaku untuk 2 kali sampai Desember 2021 atau melakukan refund tiket melalui https://goers.co/francol15 mei,” imbuh Sahir.

Baca juga: Aturan Berwisata ke Umbul Ponggok Klaten saat Libur Lebaran 2021

Baca juga: Aturan Berwisata ke Kebun Binatang Gembira Loka saat Libur Lebaran 2021

(TribunTravel.com/ Septi Nandiastuti)

Ikuti kami di
Penulis: Septi Nandiastuti
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved