Breaking News:

Ramadan 2021

Wisata Religi di Kudus, Kunjungi Masjid Menara Kudus dengan Gebang Ikonik Berbentuk Candi

Masjid Menara Kudus merupakan peninggalan salah satu Wali Songo yaitu Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Tengah.

instagram/adnancicario10
Masjid Menara Kudus 

TRIBUNTRAVEL.COM - Ramadan tidak hanya dilakukan dengan menjalankan ibadah puasa saja.

Ada kegiatan menarik lainnya yang bisa kamu lakukan selama bulan puasa.

Satu diantaranya yakni berwisata religi.

Di Kudus ada Masjid Menara Kudus yang bisa kamu kunjungi.

Masjid Menara Kudus merupakan peninggalan salah satu Wali Songo yakni Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam di wilayah Jawa Tengah.

Baca juga: 5 Tempat Wisata Religi di Jawa Barat, Makam Syeh Abdul Muhyi dan Goa Saparwadi di Pamijahan

Masjid Menara Kudus yang masih lestari ini telah menjadi landmark Kota Kudus dan menjadi salah satu tujuan wisata religi di Jawa Tengah.

Lokasi Masjid Menara kudus atau yang juga dikenal dengan nama Masjid Al-Aqsa berada di daerah Kauman, kecamatan kota Kudus, sekitar 1,5 Km ke arah barat pusat kota (Simpang Tujuh).

Masjid Menara Kudus dibangun pada masa Sunan Kudus saat menyebarkan agama Islam di daerah Kudus, dibangun pada tahun 1549 masehi atau 956 Hijriah, dengan menggunakan batu Baitul Maqdis dari Palestina sebagai batu pertamanya.

Masjid ini memiliki lima pintu di sebelah kanan dan limapintu disebelah kirinya dan ditopang dengan empat buah jendela dan delapan tiang besar di dalam masjid yang keseluruhan berasal dari kayu jati.

Masjid Menara Kudus dibuat bukan sekedar untuk tempat beribadah, namun juga merupakan tempat yang dibangun melalui proses adaptasi ajaran Islam.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Septi Nandiastuti
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved