Breaking News:

Miris! Penyelam Ini Beberkan Kehidupan di Titik Terdalam Palung Mariana

Richard Garriott baru saja menyelesaikan penyelamannya ke Palung Mariana, bagian laut terdalam di bumi pada 1 Maret 2021 lalu.

1840489pavan nd, CC BY-SA 4.0 , via Wikimedia Commons
Palung Mariana 

TRIBUNTRAVEL.COM - Palung Mariana merupakan palung laut dalam di dasar Samudra Pasifik Utara bagian barat , palung terdalam yang diketahui di Bumi , sebagian besar terletak di timur dan selatan Kepulauan Mariana . 

Palung Mariana adalah bagian dari sistem palung samudera Pasifik barat yang bertepatan dengan zona subduksi — titik di mana dua lempeng tektonik yang berdekatan bertabrakan, yang satu dipaksa di bawah yang lain. 

Sebuah cekungan melengkung, Palung Mariana membentang lebih dari 1.580 mil (2.540 km) dengan lebar rata-rata 43 mil (69 km). 

Kedalaman terbesar yang berhasil dicapai Challenger Deep, lembah berdinding curam yang lebih kecil di dasar parit utama di barat daya Guam . 

Banyak penyelam dan penjelajah telah melakukan berbagai penelitian untuk mengungkap isi dari Palung Mariana.

Satu penjelajah yang melakukannya adalah Richard Garriott.

Richard Garriott baru saja menyelesaikan penyelamannya ke Palung Mariana, bagian laut terdalam di bumi pada 1 Maret 2021 lalu.

Dengan armada kapal selam ‘Limiting Factor’ milik penjelajah miliarder Victor Vescovo, Garriott sukses mencapai titik terdalam di palung itu—yang dikenal sebagai ‘Challenger Deep’.

Garriott kemudian menceritakan bagaimana kehidupan di laut terdalam bumi tersebut.

Ia mengatakan bahwa semakin mencapai bagian Palung Mariana yang lebih dalam, cahaya dari atas permukaan laut semakin menghilang.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved