Breaking News:

Perubahan Syarat Naik KA Jarak Jauh di Masa Pra dan Pasca Larangan Mudik Lebaran 2021

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan kembali aturan terbaru terkait syarat naik kereta api (KA) di masa pra dan pasca larangan mudik Lebaran 2021

KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNG
Pemudik menata barang bawaannya di dalam kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Senin (4/7/2016). Warga pendatang di Jakarta mulai mudik ke kampung halaman dengan menggunakan kereta api ke sejumlah kota tujuan di Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan kembali aturan terbaru terkait syarat naik kereta api (KA) di masa pra dan pasca larangan mudik Lebaran 2021.

Aturan ini merujuk pada Addendum Surat Edaran No 13 Tahun 2021 Satgas Penanganan Covid-19 terkait masa berlaku seluruh hasil skrining Covid-19.

Meliputi RT-PCR, Rapid Antigen dan GeNose C19 bagi penumpang kereta api antar kota dari maksimal 3x24 jam menjadi maksimal sampelnya diambil 1x24 jam sebelum jadwal keberangkatan KA.

Baca juga: Larangan Mudik Diperketat, Berikut Lokasi Titik Penyekatan di Jalur Tikus Jadetabek

Dilansir dari laman resmi KAI, Minggu (25/4/2021), aturan tersebut berlaku untuk pelanggan KA Jarak Jauh dengan periode keberangkatan 24 April hingga 5 Mei dan 18 hingga 24 Mei 2021.

Adapun untuk hasil negatif dari pemeriksaan GeNose C19 memiliki masa berlaku tetap yakni 1x24 jam.

"Perubahan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya Addendum Surat Edaran Satgas Penanganan Covid-19 No 13 Tahun 2021," ujar VP Public Relations KAI Joni Martinus.

Pemudik menggunakan kereta api dari Stasiun Senen, Jakarta Pusat.
Pemudik menggunakan kereta api dari Stasiun Senen, Jakarta Pusat. (TRIBUNJAKARTA.COM/ANISA KURNIASIH)

Joni mengatakan, dengan adanya perubahan tersebut, diharapkan masyarakat dapat kembali mengantur waktu perjalanan atau pelaksanaan tesnya.

Bagi masyarakat yang ingin melengkapi persyaratan menggunakan KA Jarak Jauh, KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen seharga Rp 85 ribu di 42 stasiun serta pemeriksaan GeNose C19 seharga Rp 30 ribu di 44 stasiun.

Berikut 42 stasiun yang menyediakan layanan pemeriksaan Rapid Test Antigen, di antaranya:

1. Stasiun Gambir

Halaman
1234
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Nurul Intaniar
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved