Breaking News:

Pasir Pink Beach di Flores Berwarna Merah Muda, Ini Alasannya

Pink Beach di Flores, NTT memiliki pasir berwarna merah muda karena mikroorganisme bernama foraminifera dan cangkang kerang.

Kompas.com
Pantai Pink yang pasirnya berwarna merah muda. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Jika traveler berlibur ke Taman Nasional Komodo (TNK), salah satu tempat wisata yang wajib dikunjungi adalah Pink Beach.

Berbeda dengan pantai lain, Pink Beach memiliki daya tarik yang cukup unik.

Selain menawaarkan pemandangan dari laut biru yang indah dan jernih, hamparan pasir berwarna merah mudah menjadi ciri khas tersendiri bagi pantai tersebut.

Travel Blogger Kadek Arini mengatakan, di balik warna pasir yang menarik terdapat peran dari ombak yang menyeret terumbu karang ke pesisir pantai.

Baca juga: Mengenal Pantai Berpasir Merah Muda Pink Beach di Timur Indonesia, Rasanya Seperti Milik Pribadi

“Terumbu karang di Pink Beach mayoritas warna pink. Terumbu karang yang kena ombak, dia kayak hancur. Serpihannya yang bercampur dengan pasir putih, jadi pasirnya warna pink,” katanya.

Pernyatan tersebut Kadek Arini sampaikan dalam konferensi pers virtual “Perlindungan Lengkap Jiwa dan Kesehatan yang Terjangkau”, Senin (21/12/2020).

Sementara itu, menurut informasi dalam Bobo, Senin (15/7/2019), warna pasir pantai yang terletak di Pulau Komodo berasal dari mikroorganisme bernama foraminifera.

Adapun, mengutip Kompas.com, Senin (14/9/2020), foraminifera atau Foram adalah plankton mikroskopis yang kerabat tertuanya muncul di lautan hampir satu miliar tahun yang lalu.

Lantas, apa hubungan plankton dengan warna pasir di Pink Beach?

Foram memiliki warna sedikit oranye atau koral yang kemudian bercampur dengan pasir di pantai.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Muhammad Yurokha May
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved