Breaking News:

Sudah Masuk AS, Kasus Pertama Varian Baru Covid-19 Ditemukan di Colorado

Pejabat Colorado mengatakan bahwa varian baru Covid-19 yang dengan cepat menyebar ke seluruh Inggris telah terdeteksi di negara bagian mereka.

Flickr/Marco Verch Professional Photographer
Ilustrasi Covid-19 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pejabat Colorado mengatakan bahwa varian baru Covid-19 yang dengan cepat menyebar ke seluruh Inggris telah terdeteksi di negara bagian mereka.

Ini merupakan kasus serupa pertama yang terjadi di Amerika Serikat (AS).

Melansir laman Travel + Leisure, seorang pria berusia 20-an yang dites positif Covid-19 ditemukan memiliki varian virus corona, meski tidak memiliki riwayat perjalanan.

Pria tersebut saat ini diisolasi di Elbert County, kata kantor Gubernur Jared Polis dalam sebuah tweet, sementara para pejabat sedang mengerjakan pelacakan kontak.

Baca juga: Antartika Laporkan Kasus Pertama Virus Corona

“Sejauh ini, individu tersebut tidak memiliki kontak dekat yang teridentifikasi tetapi pejabat kesehatan masyarakat bekerja untuk mengidentifikasi kasus dan kontak potensial lainnya melalui wawancara pelacakan kontak yang menyeluruh,” kata tweet itu.

Jenis Covid-19 baru dan berpotensi lebih menular, B.1.1.7, pertama kali ditemukan di Inggris dan menyebabkan para pejabat mengunci sebagian besar negara setelah menyebar dengan cepat melalui wilayah tenggara Inggris, termasuk London.

Strain tersebut telah diidentifikasi di setidaknya 17 negara lain, termasuk Australia, Kanada dan Spanyol.

Uni Eropa untuk sementara waktu menutup semua perbatasan dari Inggris minggu lalu, dan Pusat Pengendalian Penyakit AS mengumumkan bahwa setiap pelancong dari negara itu harus dites negatif untuk Covid-19 sebelum datang ke luar negeri.

Namun, para ahli kesehatan memperingatkan bahwa ketegangan tersebut kemungkinan besar sudah ada di AS, sebuah prediksi yang ternyata benar dengan pengumuman pejabat Colorado.

Sementara para ilmuwan di Inggris percaya bahwa virus tersebut lebih menular, mereka mengungkapkan bahwa 'tidak ada bukti' yang dapat menyebabkan penyakit lebih parah atau lebih mematikan.

Mereka juga mengatakan bahwa vaksin yang baru disetujui, dari Pfizer dan Moderna, akan sama efektifnya terhadap strain baru.

Polis mengatakan bahwa pejabat kesehatan Colorado akan memantau kasus ini dan mendesak penduduk untuk terus mengikuti tindakan pencegahan keamanan Covid-19.

"Saya ingin berterima kasih kepada para ilmuwan kami dan profesional medis yang berdedikasi atas kerja cepat mereka dan meminta warga Colorado untuk melanjutkan upaya kami mencegah penularan penyakit dengan mengenakan masker, berdiri terpisah sejauh enam kaki saat berkumpul dengan orang lain dan hanya berinteraksi dengan anggota rumah tangga terdekat mereka," katanya.

Baca juga: Ini Tanggapan Sandiaga Uno Terkait Varian Baru Covid-19

Baca juga: Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19, 10 Daerah di Indonesia Larang Perayaan Malam Tahun Baru 2021

Baca juga: Setelah Beri CPR Pada Penumpang yang Sekarat, Pria Ini Diberitahu Kemungkinan Terpapar COVID-19

Baca juga: Setelah 2 Bulan Nihil, Thailand Laporkan Kematian Akibat Covid-19 untuk Pertama Kalinya

Baca juga: Jepang Tutup Perbatasan untuk Turis Setelah Varian Covid-19 Terdeteksi

(TribunTravel.com/Muhammad Yurokha M)

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved