Breaking News:

Libur Akhir Tahun 2020

Jelang Malam Pergantian Tahun, Polres Bogor Akan Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Puncak

Kapolres Bogor AKBP, Roland Ronaldy mengatakan, rekayasa lalu lintas ini menggunakan skema buka tutup di mulai 31 Desember 2020.

WARTA KOTA/ALEX SUBAN
Ilustrasi kemacetan di Jalur Puncak, Bogor 

TRIBUNTRAVEL.COM - Menjelang malam pergantian tahun, Polres Bogor akan melakukan rekayasa lalu lintas di jalur Puncak Bogor, Jawa Barat.

Kapolres Bogor AKBP, Roland Ronaldy mengatakan, rekayasa lalu lintas ini menggunakan skema buka tutup di mulai 31 Desember 2020.

Apabila situasi lalu lintas di kawasan Puncak Bogor mulai padat menjelang malam Tahun Baru 2021, maka jalan akan ditutup selama 12 jam.

Baca juga: Sebelum Jalur Pendakian Ditutup, Ini Syarat Mendaki Gunung Prau yang Harus Diketahui

"Kalau kapasitas di atas (Puncak) sudah melebihi 50 persen. Maka kita tutup dari jam 6 sore sampai jam 6 pagi dan tentu akan memutar balik wisatawan," kata Roland usai konferensi pers akhir tahun di Mapolres Bogor, Cibinong, Selasa (29/12/2020).

Terkait mekanismenya, sebut Roland, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Cianjur mengenai kendaraan yang akan melaju dari arah Jakarta, Bogor, dan Cianjur supaya menggunakan jalur alternatif.

Hal tersebut bertujuan agar masyarakat setempat bisa terhindar dari kemacetan ketika rekayasa diberlakukan.

Pemandangan dari kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat
Pemandangan dari kawasan Puncak, Bogor, Jawa Barat (Picasaweb.google.com)

"Jadi saya kembali tegaskan bahwa pada malam Tahun Baru nanti tidak akan ada acara (perayaan) di hotel ataupun villa, jadi wisatawan luar Bogor tidak perlu lah ke Puncak," tegas Roland.

Di samping itu, kata dia, tim gabungan Satgas Covid-19 Kabupaten Bogor juga akan melakukan pengecekan hasil swab antigen yang dilakukan paling lama 3x24 jam sebelum kedatangan wisatawan.

Setidaknya, pihak kepolisian bersama TNI dan Satpol PP akan melakukan pengawasan ketat untuk menegakan disiplin protokol kesehatan di sejumlah lokasi yang menimbulkan kerumunan.

Menurut Roland, rencana penutupan jalur Puncak Bogor tersebut dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di kawasan Puncak Bogor.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved