Breaking News:

Libur Akhir Tahun 2020

Libur Nataru, PELNI Berlakukan Syarat Rapid Test Antibodi Bagi Calon Penumpang

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI O.M. Sodikin menegaskan peraturan tersebut sesuai dengan SE Gugus Tugas COVID-19 No 3 Tahun 2020.

pelni.co.id
Ilustrasi Kapal Pelni 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Pelayaran Nasional Indonesia (PELNI) masih berlakukan syarat Rapid Test Antibody Bagi Calon penumpang kapal PELNI.

Direktur Usaha Angkutan Penumpang PT PELNI O.M. Sodikin menegaskan peraturan tersebut dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas COVID-19 No 3 Tahun 2020 tanggal 19 Desember 2020.

"Dalam SE tersebut, perjalanan dengan menggunakan moda transportasi laut masih mengikuti kebijakan yang sudah berlaku, terkecuali bagi perjalanan menuju dan dari Pulau Bali yang wajib menggunakan rapid test antigen yang dilakukan paling lama 3x24 jam dan pelabuhan lainnya yang memang mewajibkan rapid antigen seperti wilayah Sumatera Utara dan NTB," terangnya.

Baca juga: Rapid Test Antigen Wajib Bagi Penumpang KA Jarak Jauh, Haruskah Dilakukan di Stasiun Keberangkatan?

Sodikin juga menyampaikan bahwa perjalanan dengan moda transportasi laut telah diatur melalui SE Kementerian Perhubungan No 21 Tahun 2020.

Di mana melalui surat edaran tersebut, syarat perjalanan ini juga sesuai dengan Surat Edaran Gugus Tugas COVID-19 No 3 Tahun 2020 tanggal 19 Desember 2020.

Perusahaan mengingatkan kepada seluruh calon penumpang yang akan berpergian untuk memiliki surat keterangan sehat bebas COVID-19 berdasarkan hasil pemeriksaan uji rapid non-reaktif ataupun negatif uji swab.

"Seluruh calon penumpang diharapkan dapat memastikan kondisi kesehatannya sebelum berpergian dan tetap menerapkan 3M selama berada diatas kapal dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak selama pelayaran berlangsung," tambah Sodikin.

PELNI juga terus disiplin dalam menegakkan protokol kesehatan selama pelayaran berlangsung dan akan menindak penumpang yang didapati melanggar protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT PELNI, Yahya Kuncoro juga menyampaikan bahwa dalam penyelenggaraan angkutan Natal dan Tahun Baru 2020/2021, PELNI tetap menjual tiket sebanyak 50 persen dari kapasitas kapal sehingga tetap terjaga jarak antar penumpang.

Adapun tiket kapal kini dapat diperoleh melalui pembelian secara online di www.pelni.co.id dan PELNI Mobile Apps dengan metode pembayaran e-payment ataupun secara cashless di seluruh loket kantor cabang.

"PELNI selalu patuh terhadap aturan pemerintah untuk turut memutus penyebaran COVID-19 terutama pada periode Nataru 2020/2021," terangnya.

Tonton juga:

Sebagai informasi, sejak periode Angkutan Nataru dimulai pada 11 Desember lalu, Kapal PELNI telah mengantarkan 80.700 pelanggan yang berpergian dengan kapal penumpang dan 17.640 penumpang dengan kapal perintis ke seluruh wilayah Indonesia.

"Pada ruas tertentu, kami menghadirkan suasana natal di atas kapal untuk menyemarakkan libur Natal tahun ini dengan tetap menjaga penerapan protokol kesehatan di atas kapal," tutup Yahya.

Baca juga: Rest Area dan Tempat Wisata Jateng Jadi Sasaran Operasi Yustisi Rapid Tes Antigen Saat Libur Nataru

Baca juga: Syarat Terbaru Liburan ke Dieng, Wisatawan Wajib Rapid Test Antigen

Baca juga: 4 Lokasi Rapid Test Antigen di Jakarta dan Tangerang yang Disediakan Lion Air

Baca juga: Hasil Rapid Antigen Calon Penumpang Pesawat di Bandara Adi Soemarmo Ketahuan Reaktif

Baca juga: Cara Dapatkan Rapid Test Antigen Gratis di Sulsel, Coba Daftar ke Website Ini

(TribunTravel.com/ Ratna Widyawati)

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved