Breaking News:

Cegah Penyebaran Covid-19, Polisi Hentikan Upacara Rambu Solo di Toraja

Polres Toraja Utara menghentikan sementara kegiatan pesta pemakaman atau Rambu Solo' di Dusun Buka, Lembang, Karre Limbong, Kecamatan Nanggala.

BARRY KUSUMA/KOMPAS
Upacara pemakaman Rambu Solo di Tana Toraja, Sulawesi Selatan. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pandemi Covid-19 memberikan perubahan besar di semua sektor, termasuk dalam hal perayaan adat.

Untuk mencegah kerumunan yang dapat memicu bertambahnya korban, perayaan atau upacara adat terpaksa dihentikan.

Seperti upacara adat  yang terjadi di Sulawesu Selatan ini misalnya.

Polres Toraja Utara menghentikan sementara kegiatan pesta pemakaman atau Rambu Solo' di Dusun Buka, Lembang, Karre Limbong, Kecamatan Nanggala, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/12/2020).

Pembubaran tersebut dilakukan setelah penyelenggara diduga tidak mengindahkan maklumat Kapolri dan forkopminda tentang larangan berkerumun dan tetap melaksanakan Rambu Solo'.

Proses penghentian itu dilakukan Polres Toraja Utara dengan bantuan BKO Brimob Pare-Pare. Kasat Reskrim Polres Toraja Utara AKP Hardjoko mengimbau agar masyarakat dapat mematuhi maklumat yang telah ditandatangani forkopminda pada 23 Desember lalu.

Dalam makumlat itu, masyarakat diimbau untuk tidak menyelenggarakan kegiatan kemasyarakatan sementara waktu yang berpotensi menimbulkan kerumunan sehingga dapat meningkatkan kasus Covid-19 di Toraja Utara.

“Kehadiran kami dari Polres Toraja Utara tidak bermaksud untuk mengganggu adat atau acara yang bapak atau ibu selenggarakan namun semua ini tidak lepas dari kondisi yang memprihatinkan ini,” kata Hardjoko saat mengeluarkan imbauan kepada warga yang hadir, Sabtu (26/12/2020).

“Kita semua tahu untuk Toraja Utara saat ini yang positif terpapar covid-19 berjumlah 163 orang. Jumlah itu sangat memprihatinkan dan dari jumlah itu 10 orang meninggal dunia,” tambah Hardjoko.

Personil Kepolisian Resor Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/12/2020) menghentikan sementara acara Rambu Solo’ di Dusun Buka, Lembang (Desa) Karre Limbong, Kecamatan Nanggala.
Personil Kepolisian Resor Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Sabtu (26/12/2020) menghentikan sementara acara Rambu Solo’ di Dusun Buka, Lembang (Desa) Karre Limbong, Kecamatan Nanggala. (MUH. AMRAN AMIR/KOMPAS)

Menurut Hardjoko sebagai penegak hukum wajib menindaklanjuti adanya maklumat Kapolri dan Forkopimda yang melarang adanya kegiatan yang menimbulkan kerumunan orang demi memutus rantai penyebaran covid-19.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved