Breaking News:

Arkeolog Temukan Mosaik Spektakuler dari Abad ke-5 di Inggris, Seperti Apa?

Arkeolog temukan mosaik spektakuler dari abad ke-5 yang terkubur di tanah Inggris.

Flickr/Nya Lödöse
Ilustrasi penemuan dari arkeolog, Sabtu (12/12/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Para arkeolog baru-baru ini menemukan mosaik spektakuler dari abad ke-5 yang pertama.

Temuan ini terkubur di tanah Inggris dan menjadi penemuan signifikansi sejarah yang sangat besar.

Bahkan temuan tersebut dapat mengubah cara pandang sejarawan terhadap periode itu.

Lantai mosaik pertama kali ditemukan di dalam "kamar 28" di Chedworth Roman Villa di Gloucestershire, Inggris pada 2017.

Akan tetapi pengujian untuk memverifikasi usia lantai mosaik itu baru saja selesai, kata badan amal konservasi Inggris National Trust dalam siaran pers Kamis.

Tanggalnya sangat penting karena diyakini kota-kota dan vila-vila pada zaman dulu bisa saja membusuk setelah ditinggalkan akibat kehancuran ekonomi pada abad ke-4 silam.

Baca juga: Arkeolog Temukan 2 Mayat Terkubur di Pompeii yang Diyakini Akibat Letusan Gunung Berapi

Diwartakan dalam CNN, Kamis (10/12/2020), Martin Papworth, arkeolog National Trust, mengatakan abad ke-5 menandai akhir era Romawi di Inggris dan awal Abad Kegelapan.

Ketika itu masyarakat dianggap oleh beberapa sejarawan telah memburuk di Eropa barat sebagai akibat dari penarikan pasukan Romawi.

Menurut peneliti National Trust, "zaman kegelapan" juga merupakan periode di mana hanya sedikit dokumen yang masih bertahan dengan adanya bukti arkeologis langka.

Peneliti National Trust menggunakan penanggalan radiokarbon untuk menguji tingkat karbon dalam arang dan tulang yang ditemukan di daerah tempat mosaik itu ditemukan.

Mereka juga menggunakan analisis tembikar untuk mengetahui usia dari mosaik spektakuler tersebut.

Chedworth Roman Villa adalah salah satu vila Romawi terbesar yang dikenal di negara ini dan salah satu yang paling terpelihara, menurut National Trust.

Setelah berakhirnya pemerintahan Romawi di Inggris, tentara dan pekerja layanan sipil berhenti dibayar, yang pada gilirannya memicu "penurunan produksi" di antara industri kerajinan dan jasa, kata Papworth dalam sebuah pernyataan.

Kualitas desain mozaik mungkin mencerminkan hal ini, seperti yang dikatakan National Trust, "kualitasnya lebih buruk" daripada yang dibuat pada abad ke-4.

Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved