Breaking News:

Jelang Liburan Akhir Tahun, Pemerintah Kota Bandung Bentuk Tim Khusus

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung telah membentuk tim khusus dalam persiapannya menyambut libur akhir tahun 2020.

Flickr/Wastu Aji
Ilustrasi suasana alun-alun Kota Bandung, Selasa (8/12/2020). 

TRIBUNTRAVEL.-COM - Liburan akhir tahun segera hadir akhir tahun ini.

Namun, dengan adanya pandemi Covid-19, perayaan tahun baru berbeda dengan tahun sebelumnya.

Melansir Kompas.com, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung telah membentuk tim khusus dalam persiapannya menyambut libur akhir tahun 2020.

Berdasarkan keterangan pers yang Kompas.com terima, Senin (7/12/2020), tim tersebut bernama Tim Internal Monitoring Penerapan Adaptasi Kebiasaan Baru pada Usaha Jasa Pariwisata.

Baca juga: 6 Kuliner Malam di Bandung Ini Disukai Wisatawan, Ada Bebek Ali Borme yang Menggoyang Lidah

“Tim ini akan melakukan kunjungan ke para pelaku usaha pariwisata,” seperti tertera dalam keterangan pers tersebut.

Melalui kunjungannya, tim akan memastikan setiap pelaku pariwisata di Kota Bandung benar-benar menerapkan protokol kesehatan sesuai Peraturan Wali (Perwali) Kota Bandung Nomor 73 Tahun 2020.

Adapun, Perwali Kota Bandung Nomor 73 Tahun 2020 tentang Perubahan Keempat Atas Perwali Kota Bandung Nomor 37 Tahun 2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Rangka Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

“Tim ini nantinya akan melakukan koordinasi secara berkala dengan perangkat daerah lainnya, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP,” terang Disbudpar Kota Bandung.

Persiapan pasca-zona merah

Sejak beberapa hari terakhir, Kota Bandung secara resmi memasuki zona merah dan menerapkan PSBB proporsional guna menekan angka penyebaran Covid-19.

Diterapkannya PSBB proporsional membuat daerah tersebut membatasi aktivitas wisata dan pergerakan wisatawan ke Kota Bandung.

Kendati demikian, jika menjelang libur akhir tahun Kota Bandung menunjukkan kondisi yang membaik, Pemkot Bandung telah melakukan berbagai upaya bagi calon wisatawan.

“Salah satunya, Pemkot Bandung telah melakukan verifikasi atas self-declare beberapa usaha pariwisata yang telah memenuhi standar CHSE,” jelasnya.

Hingga berita ini ditulis, terdapat 49 hotel di Kota Bandung yang telah memiliki sertifikat CHSE dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Sucofindo dengan nilai memuaskan.

Agar wisatawan makin yakin dan tidak ragu untuk berkunjung ke Kota Bandung saat libur panjang, daftar hotel dapat dicek di disbudpar.bandung.go.id.

Kemudian, Pemkot Bandung juga akan membuka pos pemeriksaan kesehatan pada dua terminal pintu masuk Kota Bandung, yakni Terminal Leuwi Panjang dan Cicaheum.

Nantinya, petugas pada pos tersebut akan melakukan sampling terhadap penumpang, khususnya yang berasal dari luar kota.

Adapun, pintu masuk bandara dan stasiun kereta api kini telah dilakukan penerapan protokol kesehatan oleh otoritas masing-masing.

Baca juga: Sate Taichan Goreng dan 4 Kuliner Bandung untuk Menu Makan Siang Hari Ini

Baca juga: Masuk Zona Merah, Bandung Terapkan Aturan Ketat Bagi Wisatawan yang Berkunjung

Baca juga: 5 Kuliner Enak di Bandung Buat Sarapan, Ada Lontong Kari, Bubur Ayam hingga Nasi Kuning

Baca juga: Promo Tiket Masuk Trans Studio Bandung Desember 2020, Beli 1 Gratis 1

Baca juga: Sarangenge, Soju Halal dari Bandung yang Tawarkan Lima Varian Rasa Buah, Harga Mulai Rp 30 Ribuan

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Hadapi Libur Akhir Tahun 2020, Begini Persiapan Kota Bandung

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved