Breaking News:

Kota Jogja Bakal Perketat Protokol Kesehatan Jelang Liburan Akhir Tahun

Menyambut liburan akhir tahun, Kota Jogja bakal memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan.

Photo by Agto Nugroho on Unsplash
Plang nama Malioboro 

TRIBUNTRAVEL.COM - Menyambut liburan akhir tahun, Kota Jogja bakal memperketat pengawasan penerapan protokol kesehatan.

Selain pemantauan destinasi wisata, Pemkot Jogja juga bakal mengawasi perhotekan.

Ketua Harian Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi mengatakan, dalam menyambut masa liburan akhir tahun nanti pihaknya akan memastikan bahwa penerapan protokol kesehatan berlangsung dan diterapkan dengan optimal di sejumlah tempat wisata.

"Pemantauan akan kami lakukan untuk memastikan seluruh destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata seperti hotel, restoran dan tempat umum menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin,” imbuhnya Sabtu (5/12/2020).

Baca juga: 5 Tempat Makan Tepi Sungai di Jogja, Sajikan Menu Khas Tradisional hingga Western

Heroe menyatakan, upaya pemulihan ekonomi khususnya di sektor pariwisata yang menjadi lokomotif perekonomian di Kota Yogyakarta tidak bisa dilepaskan dengan terus menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Bahkan, protokol kesehatan tidak cukup dilakukan hanya dengan gerakan 4M yaitu memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan saja tetapi juga harus didukung dengan penerapan protokol kesehatan tambahan sesuai dengan karakter tempat wisata tersebut.

“Misalnya dengan pembatasan jumlah pengunjung dalam waktu yang bersamaan supaya tidak muncul kerumunan, pengaturan alur masuk dan keluar pengunjung dan mengurangi sentuhan barang-barang,” katanya.

Untuk kawasan wisata yang biasa kerap disambangi wisatawan seperti Malioboro, pihaknya sudah menyiapkan QR Code di tiap zona yang wajib dipindai oleh wisatawan saat berkunjung sehingga petugas bisa memantau jumlah pengunjung.

Di sisi lain, Heroe memastikan bahwa pihaknya akan melakukan operasi gabungan di tempat wisata, tempat umum, dan tempat usaha untuk memastikan protokol kesehatan dijalankan dengan disiplin.

“Saya yakin, wisatawan akan berkunjung ke tempat yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat karena merasa aman dan lebih terlindungi. Makanya, kampanye penerapan protokol kesehatan 4M ini harus terus digencarkan,” katanya.

Dia berharap pengunjung atau wisatawan juga memastikan bahwa mereka sehat yang dibuktikan dengan hasil tes cepat nonreaktif atau uji usap negatif.

“Jika wisatawan dan masyarakat Jogja sama-sama menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin, maka potensi kenaikan kasus usai libur panjang bisa ditekan. Tidak lagi terjadi kenaikan kasus seperti yang terjadi pada September dan November usai libur panjang,” pungkas dia. (Tribunjogja.com)

Baca juga: 7 Oleh-oleh Khas Jogja, Ada Bakpia Tugu hingga Gudeg Kaleng

Baca juga: Sate Klathak Pak Bari dan 5 Sate Klatak Enak di Jogja, Empuk Daging Sate Berpadu dengan Kuah Gulai

Baca juga: Harga Tiket Masuk Heha Sky View, Tempat Wisata di Jogja untuk Libur Long Weekend

Baca juga: 5 Warung Burjo 24 Jam di Jogja, Sajikan Banyak Pilihan Menu Enak Buat Sarapan

Baca juga: 7 Kuliner Malam di Jogja Menggugah Selera, Coba Oseng Mercon Bu Narti untuk Pecinta Pedas

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Jelang Libur Akhir Tahun, Pemkot Yogya Bakal Perketat Protokol Kesehatan

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved