Breaking News:

Wisata di Jawa Tengah Perlahan Mulai Bangkit, 432 Tempat Wisata Sudah Dibuka Kembali

Banyak tempat wisata di Jawa Tengah dibuka kembali. Sebanyak 432 daya tarik wisata (DTW) di Jateng dibuka kembali.

Editor: Arif Setyabudi Santoso
(Tribun Jateng/M Nur Huda)
Konservasi Penyu di Taman Nasional Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Rabu (26/2/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pandemi virus Covid-19 membuat pariwisata di Indonesia terpuruk.

Namun, wisata di Jawa Tengah perlahan mulai bangkit.

Banyak tempat wisata di Jawa Tengah dibuka kembali.

Mengutip TribunJateng, 432 daya tarik wisata (DTW) di Jateng dibuka kembali.

Baca juga: Pesona Lembah Nirwana, Wisata Alam di Jawa Tengah yang Punya Spot Instagramable

Untuk wisata di Jawa Tengah ada 690 DTW.

Sementara untuk sisanya masih melakukan simulasi dan menunggu izin dari gugus tugas covid-19. Tak hanya DTW, namun 1.080 hotel di Jateng juga sudah mulai beroperasi kembali.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jateng, Sinoeng Nugroho Rahmadi dalam kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama dengan Tribun Jateng bertajuk Geliat Wisata Jawa Tengah yang dipandu oleh moderator Redaktur Tribun Jateng, M Achiar Permana.

“Memang untuk sektor pariwisata ini selama masa pandemi covid-19 terkena pukulan yang luar biasa, namun saat ini kami sudah perlahan bangkit kembali,” ucap Sinoeng, Jumat, (13/11/2020).

Meskipun begitu, Sinoeng menegaskan pihaknya tetap mengimbau para pengelola DTW untuk mematuhi kebijakan pariwisata yang telah ditetapkan, diantaranya seperti kebijakan penerbitan SOP protokol kesehatan bidang pariwisata yakni Jogo Plesiran, serta menerapkan program sertifikasi cleanliness (kebersihan), health (kesehatan), safety (keselamatan), dan environtmental sustainability (kelestarian lingkungan) (CHSE) sebagai jaminan bagi wisatawan.

Sinoeng menuturkan terdapat beberapa strategi pariwisata yang diterapkan di Jateng, diantaranya seperti memfasilitasi penerapan protokol kesehatan pada usaha pariwisata, penciptaan inovasi produk wisata baru di masa pandemi, pemulihan citra pariwisata seperti pembuatan video tentang penerapan protokol kesehatan di DTW, serta bekerjasama dengan stakeholder kepariwisataan untuk pemulihan pariwisata di Jateng.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved