Breaking News:

Lion Air Kembali Beroperasi di Bandung, Terbang Langsung dari Palembang, Pekanbaru, dan Banjarmasin

Lion Air beroperasi kembali melayani penerbangan domestik dari dan ke Bandung melalui Bandara Internasional Husein Sastranegara.

Instagram/@lionairgroup
Ilustrasi maskapai penerbangan Lion Air Group 

TRIBUNTRAVEL.COM - Lion Air beroperasi kembali melayani penerbangan domestik dari dan ke Bandung melalui Bandara Internasional Husein Sastranegara.

Untuk tahap awal, Lion Air berencana mengoperasikan kembali 6 (enam) frekuensi penerbangan setiap hari pergi pulang (PP) di Bandung, melayani 3 (tiga) kota tujuan domestik, terdiri dari:

  • Palembang - Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin II, Sumatera Selatan (PLM),
  • Pekanbaru - Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II, Bukit Raya, Riau (PKU),
  • Banjarmasin - Bandara Internasional Syamsudin Noor, Banjarbaru, Kalimantan Selatan (BDJ).

Mulai 9 September, Lion Air Layani Penerbangan Rute Balikpapan-Berau

Pembukaan rute baru tersebut merupakan kelanjutan dari operasional perdana kembali Lion Air yang telah berjalan mulai (20/ 8), terdiri dari:

  • Medan - Bandara Internasional Kualanamu, Deli Serdang, Sumatera Utara (KNO),
  • Denpasar - Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali (DPS),
  • Balikpapan - Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, Kalimantan Timur (BPN),
  • Makassar - Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sulawesi Selatan (UPG).

Ketersediaan jadwal penerbangan pada rute dimaksud menjadi bagian Lion Air dalam meningkatkan minat bepergian menggunakan pesawat udara (traveling), mengakomodir kebutuhan penumpang, upaya mendukung pemulihan perekonomian daerah serta mendukung menggeliatkan sektor pariwisata nasional.

"Harapan utama dalam pengoperasionan rute kembali, setiap penumpang Lion Air akan memiliki pilihan perjalanan langsung ataupun lanjutan (connecting) menggunakan waktu keberangkatan yang tersedia, sehingga antardestinasi dapat ditempuh dalam jangka waktu relatif pendek, nyaman, aman, efektif dan terjangkau," kata Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communication Strategic of Lion Air Group dalam keterangan tertulis.

Dengan demikian, Lion Air akan memiliki tujuh kota tujuan di Bandung, diharapkan memberikan keuntungan bagi setiap penumpang, untuk dapat melanjutkan perjalanan udara ke kota lainnya yang saling terhubung bersama Lion Air Group (Lion Air, Wings Air dan Batik Air).

Tujuan penerbangan dari Bandung antara lain mencakup Takengon Meulaboh, Padang Sidempuan, Sibolga, Silangit, Simeulue, Takengon, Banda Aceh, Tanjung Pinang, Anambas, Dumai, Jambi, Batam, Kerinci, Muara Bungo, Natuna, Padang, Bengkulu, Tanjung Karang-Lampung, Lubuk Linggau, Pangkalpinang, Tanjung Pandan, Sumenep, Banyuwangi, Bima, Ende, Kupang, Labuan Bajo, Maumere, Tambolaka, Waingapu, Alor, Rote, Putusibau, Ketapang, Sintang, Batulicin, Kotabaru, Palangkaraya, Berau, Malinau, Mamuju, Tanjung Selor, Tarakan, Bau-Bau, Bima, Kendari, Kolaka, Luwuk, Morowali, Palopo, Tana Toraja, Poso, Raha, Selayar, Wangi-wangi, Ambon, Gorontalo, Jayapura, Kendari, Luwuk, Manokwari, Merauke, Palu, Samarinda, Sorong, Ternate dan destinasi lainnya.

"Lion Air mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan koordinasi yang baik dari regulator, pengelola bandar udara, pengatur lalu lintas udara, seluruh karyawan Lion Air bersama pihak terkait, sehingga sintergitas rencana pengoperasian Lion Air dari Pekanbaru, Palembang dan Banjarmasin ke Bandung dapat berjalan lancar dalam upaya menyediakan layanan terbaik," imbuhnya.

Dalam mengakomodir penerbangan tersebut, Lion Air mempersiapkan armada generasi terbaru Boeing 737-800NG yang berkapasitas 189 kelas ekonomi.

Kesungguhan Lion Air dalam rangka untuk memastikan kesehatan dan keselamatan pada penumpang, awak pesawat, teknisi, petugas layanan darat (ground handling) serta karyawan lainnya yang terkait, dalam pelaksanaan operasional penerbangan yang memenuhi unsur-unsur sebagai upaya tidak menyebabkan penyebaran virus termasuk Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Peningkatan kegiatan kebersihan dan sterilisasi pesawat udara Lion Air secara berkala dengan metode Aircraft Exterior and Interior Cleaning (AEIC) yang dijalankan di pusat perawatan pesawat Batam Aero Technic (BAT) dan di berbagai basis bandara (base station) dimana pesawat Lion Air berada.

Tonton juga:

Protokol Kesehatan Lion Air Group

Untuk pelaksanaan operasional penerbangan, mengikuti rekomendasi pedoman protokol kesehatan.

  1. Tiba lebih awal sebelum keberangkatan (3-4 jam lebih awal).
  2. Menunjukkan kartu identitas diri yang sah (KTP atau tanda pengenal lainnya),
  3. Mengenakan masker sebelum penerbangan, saat di dalam pesawat hingga mendarat dan saat kedatangan serta keluar dari bandar udara,
  4. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan cairan pembunuh kuman (hand sanitizer),
  5. Mengikuti aturan jarak aman (physical distancing) selama di terminal bandar udara,
  6. Menjaga kebersihan selama berada di dalam pesawat,
  7. Mengikuti petunjuk awak pesawat,
  8. Mengisi kartu kewaspadaan kesehatan elektronik (e-HAC) yang dapat diakses (download) melalui aplikasi seluler e-HAC Indonesia (Android) atau //sinkarkes.kemkes.go.id/ehac .

Peringati Hari Pelanggan Nasional, Lion Air Group Gelar Safe Travel Campaign Pertama di Sulawesi

Jadwal Penerbangan Lion Air dari dan ke Bandara Husein Sastranegara Bandung

Lion Air Group Layani Perjalanan dari dan ke Jogja Lewat Bandara YIA Kulonprogo

Lion Air Tawarkan Gift Voucher Sebesar Rp 100.000, Ini Syaratnya

Harga Tiket Pesawat Jakarta-Bali dari AirAsia, Lion Air, dan Batik Air untuk Liburan Akhir Pekan

(TribunTravel.com/Ratna Widyawati)

Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved