Breaking News:

Deretan Wilayah Indonesia yang Akan Alami Hari Tanpa Bayangan, Simak Tanggalnya

Saat kulminasi atau hari tanpa bayangan terjadi, posisi Matahari membuat bayangan benda yang tegak menjadi hilang atau tidak terlihat.

Instagram.com/lapan_ri
Hari Tanpa Bayangan 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kamu pasti tahu apa itu kulminasi, bukan?

Kulminasi merupakan fenomena ketika Matahari tepat berada di posisi paling tinggi atau titik Zenith di langit.

Kita juga mengenal kulminasi dengan sebutan hari tanpa bayangan.

Nah, mulai Minggu, 6 September 2020 kemarin, wilayah Indonesia akan bergantian mengalami kulminasi atau hari tanpa bayangan, sampai bulan Oktober mendatang.

Yuk, kita cari tahu tentang kulminasi dan wilayah mana yang mengalaminya hingga bulan Oktober.

Peristiwa Kulminasi

Saat kulminasi atau hari tanpa bayangan terjadi, posisi Matahari membuat bayangan benda yang tegak menjadi hilang atau tidak terlihat.

Sebabnya, bayangannya bertumpuk dengan benda itu.

Bersumber dari Kompas.com, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan hari tanpa bayangan itu terjadi karena bidang rotasi (ekuatro) Bumi tidak tepat berimpit dengan bidang revolusi (ekliptika) Bumi.

Ini menyebabkan posisi Matahari dan Bumi terus berubah sepanjang tahun dari 23,5 derajat LU dan 23,5 derajat LS, yang kita sebut gerak semu harian Matahari.

Peristiwa kulminasi utama di Indonesia terjadi dua kali selama setahun yaitu sekitar waktu Matahari berada di khatulistiwa.

O iya, meski disebut hari tanpa bayangan, peristiwa kulminasi saat bayangan menghilang itu hanya terjadi selama beberapa menit saja.

Wilayah Indonesia yang Mengalami Hari Tanpa Bayangan

Tahun ini kulminasi utama terjadi pada 21 Februari 2020 di Baa, Nusa Tenggara Timur hingga 4 April 2020 di Sabang, Aceh.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved