Breaking News:

Kepulauan di Brasil Ini Terima Turis Asing yang Pernah Terinfeksi Covid-19

Sebuah kepulauan di Brasil yang masuk dalam negara bagian Pernambuco mengizinkan wisatawan yang pernah positif Covid-19 dan sudah sembuh.

Editor: Sinta Agustina
br.usembassy.gov
Fernando de Noronha 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah kepulauan di Brasil yang masuk dalam negara bagian Pernambuco, Fernando de Noronha, mengizinkan wisatawan yang pernah positif Covid-19 dan sudah sembuh.

Melansir Insider, Selasa (1/9/2020), hal tersebut teretera dalam situs resmi negara bagian yang menjadi tuan rumah bagi Fernando de Noronha, taman nasional dan bagian dari situs warisan dunia UNESCO.

Situs tersebut menyebutkan, wisatawan harus membuktikan bahwa mereka pernah positif Covid-19 dan mengirim satu dari dua tes yang diambil lebih dari 20 hari sebelum kedatangan.

Adapun tes yang dimaksud adalah tes PCR positif atau tes serologi positif yang lebih dikenal sebagai tes antibodi.

Fernando De Noronha
Fernando De Noronha (mapsofworld.com)

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), tes PCR merupakan tes molekuler yang menunjukkan apakah seseorang memiliki infeksi virus Covid-19 yang aktif.

Sementara tes antibodi memeriksa apakah sistem kekebalan seseorang telah menciptakan antibodi khusus untuk melawan virus.

“Antibodi bisa membutuhkan beberapa hari atau minggu untuk berkembang setelah Anda mengalami infeksi dan mungkin tetap berada dalam darah selama beberapa minggu atau lebih usai pemulihan,” seperti yang dinyatakan CDC, mengutip Insider.

Terkait batas 20 hari sebelum kedatangan, batas tersebut artinya wisatawan yang pernah positif Covid-19 sudah dinyatakan sembuh.

Administrator Fernando de Noronha Guilherme Rocha menuturkan, melalui sebuah konferensi pers yang dikutip dari Stuff.co.nz oleh Insider, pembukaan kembali tersebut merupakan tahap pertama.

“Dalam tahap pertama pembukaan kembali, hanya wisatawan yang pernah memiliki Covid-19, telah sembuh, dan kebal terhadap penyakit saja yang akan diizinkan karena mereka tidak bisa menularkan atau terinfeksi kembali,” ujar Rocha.

Menurut John Hopkins Coronavirus Resource Center, Brasil memiliki 3.862.311 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan 120.828 kematian akibat virus tersebut.

Sementara itu, menurut Reuters yang dikutip oleh Insider, Fernando de Noronha memiliki 93 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi dan nol angka kematian per 30 Agustus 2020.

3 Fakta Menarik Curug Kembar Bogor, Punya Jalur Menantang dan Pemandangan Menawan

Cara Membuat Paspor di Bali, Mulai dari Daftar Online hingga Proses Pengambilan

Cara Membuat Visa Jepang, Lengkap dengan Biaya dan Syarat Dokumennya

Kenapa Bunga Edelweis di Gunung Tidak Boleh Dipetik?

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Kepulauan di Brasil ini Hanya Terima Turis Asing yang Pernah Kena Covid-19.

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved