Desa Ranu Pani, Tempat Wisata di Lumajang yang Viral di Medsos karena Kemunculan Bun Upas

Ranu Pani dikenal sebagai desa di atas awan karena letaknya yang berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

Twitter.com/thoriqul_haq
Fenomena Bun Upas di Danau Ranu Pani 

TRIBUNTRAVEL.COM - Baru-baru ini, viral di medsos fenomena embun yang membeku menjadi es atau bun upas di Danau Ranu Pani.

Desa Ranu Pani sendiri secara administratif berada di wilayah Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Ranu Pani dikenal sebagai desa di atas awan karena letaknya yang berada di ketinggian 2.100 meter di atas permukaan laut.

Desa Ranu Pani juga merupakan desa terakhir yang menjadi pos pendakian di Gunung Semeru, gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Berada di lereng Gunung Semeru, desa ini mempunyai daya tariknya tersendiri bagi mereka yang suka berpetualang di alam terbuka.

 Fenomena Bun Upas Terjadi Lagi di Gunung Bromo, Suhu Udara Capai Minus 3 Derajat Celcius

Desa Ranu Pani menawarkan bentang alam yang hijau dan indah lengkap dengan suasa pedesaan yang memberikan ketenangan.

Tidak hanya mempunyai lanskap indah, ada beberapa tempat wisata yang sering dikunjungi, seperti tiga danau yang terkenal yakni Danau Ranu Pani, Danau Ranu Regulo dan Ranu Kumbolo.

Meskipun berada di lereng Gunung Semeru, Desa Ranu Pani tidak pernah menghalami bencana alam seperti terpapar debu vulkanik.

Hal ini karena ketika terjadi peningkatan aktivitas vulkanik, debu vulkanik biasanya menyembur ke arah timur laut dan guguran lahar dingin selalu mengalir ke arah timur.

Sedangkan, desa ini berada di sebelah utara Gunung Semeru sehingga aman meskipun terjadi peningkatan aktivitas vulkanik.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq atau yang biasa disapa dengan panggilan Cak Thoriq mengunggah beberapa foto di Danau Ranu Pani di lereng Gunung Semeru.

Dalam unggahannya tersebut, terlihat tumbuhan di kawasan Danau Ranu Pani ditutupi oleh kristal es sehingga terlihat lebih indah.

"Salju di Ranu Pane. Sumpah, ini di Indonesia lho, di lereng semeru, tepatnya desa Ranupane. Suhunya pagi ini -2°. Pingin kemping, tidur di tenda, dan paginya ngopi sambil menikmati embun yang telah membeku jadi es." tulisnya.

Dalam cuitannya tersebut, Thoriqul Haq mengatakan pada saat terjadinya bun upas di Danau Ranu Pani itu suhu udara mencapai minus dua derajat celcius.

Thoriqul Haq juga mengatakan suasana dingin tersebut paling tepat jika tidur di tenda dan keesokan paginya minum kopi sembari melihat embun yang telah membeku menjadi es.

Keunikan fenomena di bun upas yang terjadi di Danau Ranu Pani itu pun menjadi perbincangan pengguna internet lainnya dan telah mendapatkan lebih dari tiga ribu retweet.

 Suhu Dieng Minus 3 Derajat Celcius, Fenomena Bun Upas Buat Wisatawan Penasaran

 6 Trik Mudah Mengupas Buah, jadi Lebih Segar dan Nikmat Dikonsumsi

 Fenomena Bun Upas Terjadi Lagi di Gunung Bromo, Suhu Udara Capai Minus 3 Derajat Celcius

 Embun Es di Dieng Muncul Lagi, Fenomena Bun Upas Viral di Twitter

 Viral Fenomena Bun Upas, Perhatikan Aturan Jika Ingin Berkunjung ke Dieng

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved