Masih Tahap Uji Coba Operasional, Yogyakarta Belum Terima Wisatawan Rombongan dari Luar Daerah

Wisatawan luar daerah diimbau tidak kunjungi Yogyakarta selama pembukaan wisata di Jogja dahulu.

TRIBUNJOGJA.COM / Hasan Sakri
KAWASAN PEDESTRIAN. Warga beraktivitas di kawasan jalan Malioboro, kota Yogyakarta, Senin (5/11/2018). Direncanakan akan dilaksanakan ujicoba pelaksaaan jalan Malioboro menjadi kawasan pedestrian secara penuh hanya bus Transjogja dan kendaraan tak bermotor yang boleh melintas. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Wisatawan rombongan (group tour) luar daerah diimbau tidak kunjungi Yogyakarta selama pembukaan wisata di Jogja dahulu.

Saat ini Yogyakarta sedang dalam masa uji coba operasional terbatas.

Tempat wisata di Yogyakarta sampai saat ini belum menerima wisatawan yang datang secara rombongan.

Itu berlaku untuk wisatawan dari luar daerah.

5 Tempat Wisata di Yogyakarta yang Tawarkan Pemandangan dari Ketinggian

"Untuk sementara destinasi wisata DIY belum menerima kunjungan wisatawan rombongan atau masal, terutama dari daerah zona merah/hitam sampai ada pemberitahuan lebih lanjut," kata Kepala Dispar DIY Singgih Raharjo melalui keterangan tertulis di Yogyakarta, Rabu (15/7/2020) seperti dikutip dari Kompas.

Singgih mengimbau kepada para wisatawan maupun penyedia jasa perjalanan wisata serta pengelola obyek wisata untuk menyesuaikan dengan kebijakan tersebut.

Menurut Singgih, pada masa tanggap darurat Covid-19 yang masih berlaku di DIY beberapa tempat wisata melaksanakan uji coba operasional terbatas untuk memastikan protokol dan prosedur operasional standar (SOP) berjalan dengan baik.

Dalam pelaksanaan uji coba, ia meminta seluruh pelaku pariwisata tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan selalu mengikuti perkembangan situasi.

"Ketegasan dan komitmen dari semua pihak tetap diharapkan sebagai upaya mencegah hal-hal negatif yang ditimbulkan, baik terhadap penularan Covid-19 ataupun terhadap citra pariwisata DIY," kata Singgih.

Ia menegaskan setiap wisatawan dari luar DIY khususnya zona merah atau hitam harus membawa surat keterangan sehat/rapid test negatif.

Ketentuan itu, kata dia, merujuk Peraturan Gubernur DIY Nomor 48 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyusunan Panduan pelaksanaan Kegiatan Pelayanan Publik dan Perekonomian Masyarakat di DIY dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

"Dalam masa tanggap darurat ini, destinasi wisata dan usaha jasa pariwisata lainnya sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk memberikan layanan terbaik kepada wisatawan dengan protokol kesehatan dan SOP Kebersihan, Kesehatan dan Keamanan," kata dia. (Luqman Hakim/Budi Suyanto)

Ingin Liburan ke Jogja? Tunda Dulu hingga Bulan Agustus, Ini Alasannya

5 Soto Enak di Jogja Buat Makan Siang, Wajib Coba Soto Geprek dengan Topping Kulit Ayam Krispi

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi, Tempat Wisata Ikonik di Jogja yang Kembali Dibuka untuk Pengunjung

Malioboro dan 3 Tempat Wisata di Kota Jogja yang Sudah Bisa Dikunjungi Kembali

Menilik Perjalanan Gudeg Mbah Lindu yang Legendaris di Jogja

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Yogyakarta Belum Terima Turis Rombongan dari Luar Daerah

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved