Breaking News:

Sambut HUT ke-75 RI, Rangkaian Kegiatan 'Bulan Kemerdekaan' Diluncurkan

Pemerintah secara resmi meluncurkan program 'Bulan Kemerdekaan' dalam menyambut HUT ke-75 RI.

SURYA/RORRY NURMAWATI
Ribuan pendaki saat menggelar upacara bendera peringatan HUT RI ke-72 di Puncak Gunung Penanggungan, Kamis (17/8/2017). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah secara resmi meluncurkan program 'Bulan Kemerdekaan' dalam menyambut HUT ke-75 RI.

Berbeda dengan beberapa tahun sebelumnya, pada perayaan Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini tentu sedikit berbeda, mengingat masih adanya pandemi COVID-19.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam acara peluncuran 'Bulan Kemerdekaan' bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dan Sekretaris Menteri Sekretariat Negara (Sesmensesneg) Setya Utama, Senin (6/7), di Gedung Utama Kantor Sekretaris Negara, mengatakan, perayaan hari kemerdekaan tahun ini digelar secara berbeda akibat pandemi COVID-19.

Fakta Unik Puzzlewood, Hutan di Inggris yang Jadi Inspirasi Film The Lord of the Rings

Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam acara peluncuran 'Bulan Kemerdekaan' bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio,  Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dan Sekretaris Menteri Sekretariat Negara (Sesmensesneg) Setya Utama, Senin (6/7/2020)
Menteri Sekretaris Negara Pratikno dalam acara peluncuran 'Bulan Kemerdekaan' bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dan Sekretaris Menteri Sekretariat Negara (Sesmensesneg) Setya Utama, Senin (6/7/2020) (Dok. Kemenparekraf)

"Presiden sebelumnya telah meminta untuk dirancang HUT ke-75 RI dengan meriah seperti karnaval internasional yang melibatkan sejumlah negara. Tapi dengan adanya pandemi COVID-19 mengubah semuanya," kata Pratikno dikutip dari siaran pers resmi.

Perayaan Hari Kemerdekaan harus disesuaikan meski tidak mengurangi rasa khidmat menyukuri kemerdekaan dan tetap menunjukkan Indonesia sebagai negara yang besar dan kokoh secara politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

"Sehingga diputuskan perayaan tahun ini kita lakukan secara sederhana dengan tetap mendorong antusiasme masyarakat yang tinggi. Kreativitas dan inovasi juga tetap dikedepankan hanya saja harus sesuai dengan protokol yang aman COVID-19. Maka nanti akan banyak kegiatan yang sifatnya virtual," kata Pratikno.

Ia menjelaskan, upacara kenaikan dan penurunan bendera akan tetap dilaksanakan secara khidmat namun dengan peserta yang terbatas.

Tonton juga:

Termasuk jumlah paskibraka yang terlibat juga sangat terbatas.

Namun bukan berarti partisipasi masyarakat jadi terbatas.

Halaman
123
Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved