Jalur Pendakian Gunung Lawu Masih Dibuka, Pengelola Batasi Jumlah Pendaki

Jalur pendakian Gunung Lawu masih dibuka sampai jumlah pendaki membludak, kini pihak pengelola batasi kuota pendaki tiap hari.

Instagram.com/@lawumountain
Gunung Lawu, Karanganyar, Jumat (3/1/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Setelah ditutup akibat pandemi Covid-19, dua jalur pendakian Gunung Lawu dibuka kembali beberapa waktu lalu.

Sejak dibukanya kembali jalur pendakian Gunung Lawu ini jumlah pendaki semakin membludak.

Banyaknya jumlah pendaki Gunung Lawu via Candi Cetho tak luput dari perhatian pemerintah daerah setempat.

Oleh karenanya pihak Perhutani dan pemerintah daerah setempat mulai membatasi jumlah pendaki Gunung Lawu mulai Minggu (5/7/2020) setelah melakukan koordinasi dengan Koordinator Lapangan Bidang Destinasi Dinas Pariwisata dan Olahraga (Disparpora) Karanganyar, Sunardi.

"Akhirnya, kemarin koordinasi dengan pihak Perhutani dan Pemda, kami batasi 500 per hari. Protokol lainnya masih sama, hanya dulu belum ada batasan karena biasanya landai-landai sebelum Covid hanya 300-400 pendaki," katanya saat dihubungi Kompas.com, Minggu (5/7/2020).

Gunung Prau Uji Coba Pembukaan Kembali, Kuota Pendaki Dibatasi, Berikut Rinciannya

Ia pun membenarkan bahwa video tersebut kejadiannya di jalur pendakian via Candi Cetho.

Menurutnya, membludaknya para pendaki Gunung Lawu diakibatkan dari satu rombongan yang berjumlah 135 orang berasal dari Sragen.

"Betul, itu pendakian via Cetho, tetapi video itu diambil saat ada rombongan dari Sragen sejumlah 110 pendaki dan 25 orang pendamping, ditambah antre pengecekan perlengkapan dan briefing, sehingga terjadi kemacetan di depan loket Candi Cetho," jelasnya.

TONTON JUGA:

Selain itu, terkait lonjakan tak biasa pendakian Gunung Lawu ini dikarenakan faktor para pendaki yang sudah terlalu lama berada di rumah dan tak dapat mendaki gunung.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Nurul Intaniar
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: KOMPAS
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved