Breaking News:

Tempat Wisata di Jawa Tengah Akan Terapkan Pembayaran Non Tunai saat New Normal

Pembayaran nontunai untuk membeli tiket ini diterapkan dalam rangka pencegahan penularan virus corona Covid-19 di masa new normal.

TribunTravel/rizkytyas
Candi Borobudur 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah meminta semua tempat wisata di Jawa Tengah untuk menerapkan transaksi non tunai atau cashless.

Pembayaran nontunai untuk membeli tiket ini diterapkan dalam rangka pencegahan penularan virus Covid-19 di masa new normal.

"Di seluruh destinasi wisata diharapkan mengurangi interaksi antar-wisatawan serta pengelola dengan menerapkan cashless," kata Disporapar Jateng, Sinoeng N Rachmadi, dalam diskusi virtual yang dikutip Tribunjateng.com, Rabu (24/6/2020).

Menurutnya, pembayaran tiket atau booking tiket menggunakan transaksi digital merupakan bentuk atau pola yang disesuaikan di tengah pandemi ini.

Tempat Wisata di Kota Magelang Direncanakan Akan Dibuka Kembali

Harus ada pembiasaan yang dilakukan terus menerus sehingga kebiasaan baru dengan norma-norma baru bisa diterapkan termasuk di dunia wisata.

Sinoeng menuturkan uji coba transaksi pembeliaan tiket nontunai itu dilakukan di Candi Borobudur yang merupakan destinasi wisata super prioritas yang ditetapkan pemerintah pusat.

Menurutnya, pembayaran di tempat wisata di Magelang itu 70 persen dilakukan secara cashless seperti menggunakan skema QR Code atau Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dari Bank Indonesia (BI).

Sementara, untuk 30 persen menggunakan ticket box.

"Saya sudah tanya ke pelaku wisata di Jateng, mereka sangat mau (menggunakan sistem cashless)," ujarnya.

Pembayaran nontunai, lanjutnya, bisa diberlakukan di sejumlah tempat wisata di Jawa Tengah lain yang telah mengantongi izin untuk operasional.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved