Breaking News:

Penumpang Kereta Api Jarak Jauh Wajib Pakai Face Shield

Sambut new normal, PT KAI menerapkan protokol kesehatan dalam pengoperasian kembali KA Reguler ini, yaitu penggunaan face shield untuk penumpang KAJJ

(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG)
Petugas berjaga di dekat rangkaian Kereta Api (KA) Serayu di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Jumat (12/6/2020). Kereta Api Jarak Jauh Reguler kembali beroperasi dan ada satu kereta yang diberangkatkan yakni dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Purwokerto di Jawa Tengah, pengoperasian diikuti dengan penerapan protokol pencegahan COVID-19. 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mengoperasikan kembali perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) dan KA Lokal Reguler mulai 12 Juni 2020.

Menyambut new normal, PT KAI juga menerapkan protokol kesehatan dalam pengoperasian kembali KA Reguler ini, salah satunya yaitu penggunaan face shield untuk penumpang KAJJ.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa dalam Live Instagram @kompascom TravelTalk, Selasa (16/6/2020) mengatakan, Daop 1 akan menyediakan face shield bagi penumpang KAJJ yang wajib digunakan selama perjalanan hingga tiba di stasiun tujuan.

"Penggunaan face shield baik itu pada saat sudah tiba di stasiun, setelah boarding, akan berangkat kereta, selama perjalanan hingga sampai di stasiun tujuan. Itu yang akan diterapkan kepada seluruh pengguna jasa kereta api jarak jauh," kata Eva dalam Live Instagram bertajuk "Naik Kereta Api Jarak Jauh di Era New Normal dari Jakarta, Seperti Apa?".

Kendati Daop 1 menyediakan face shield, para penumpang juga diizinkan membawa face shield sendiri dari rumah.

Khusus untuk penumpang yang memiliki anak, Eva menerangkan bahwa wajib membawa face shield sendiri.

"Bagi yang membawa anak kecil, maka wajib menyediakan face shield secara pribadi, seperti itu, yang seukuran dengan anaknya ya," ujarnya.

Selain penggunaan face shield bagi penumpang KAJJ, PT KAI Daop 1 juga menjalankan protokol kesehatan lain, di antaranya meminta penumpang menerapkan perilaku hidup bersih sehat dengan mencuci tangan pakai sabun atau membawa hand sanitizer sendiri.

Daop 1 juga telah menghilangkan penjualan tiket di loket stasiun dan mengalihkannya ke layanan penjualan tiket secara online, yaitu KAI Access, situs web, dan channel penjualan resmi lainnya.

Hal tersebut dilakukan sebagai langkah mencegah penyebaran Covid-19 dengan mengurangi kontak fisik yang bisa saja terjadi di loket penjualan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved