Breaking News:

Siapkan Transportasi untuk Tenaga Medis, Kemenparekraf Gandeng Grab Indonesia

Kemenparekraf kembali menjalin kerjasama dengan industri pariwisata untuk menyediakan sarana transportasi bagi tenaga medis.

Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Sinta Agustina
Dok Kemenparekraf
Kerjasama Kemenparekraf dan Grab Indonesia dalam menyediakan layanan transportasi bagi tenaga medis. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bekerjasama dengan industri pariwisata untuk menyediakan sarana transportasi bagi tenaga kesehatan di salah satu rumah sakit rujukan penanganan COVID-19 di Jakarta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio pada Rabu (6/5/2020), meresmikan kerjasama dengan Grab Indonesia dalam menyediakan sarana transportasi bagi tenaga kesehatan Rumah Sakit Angkatan Laut (RSAL) Mintohardjo.

Pihak Grab Indonesia akan menyediakan layanan armada roda 4 khusus untuk tenaga medis yang bepergian antara RSAL Mintohardjo dan Hotel Le Meridien.

Melalui siaran resmi, Wishunatama Kusubandio mengatakan, "Kami sangat mengapresiasi dukungan dari berbagai stakeholder pariwisata yang semakin hari semakin besar, tidak hanya bersama-sama berupaya mencegah penyebaran COVID-19 tapi juga ketahanan industri."

Jaga Kelangsungan Industri Pariwisata, Kemenparekraf Pastikan Penerimaan Insentif Pajak Saat Pandemi

Wishnutama Kusubandio saat meninjau kesiapan armada yang disiapkan Grab Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Rabu (6/5/2020).
Wishnutama Kusubandio saat meninjau kesiapan armada yang disiapkan Grab Indonesia di Hotel Le Meridien, Jakarta pada Rabu (6/5/2020). (Dok. Kemenparekraf)

Wishnutama menekankan, kerjasama ini adalah salah satu upaya menjaga ketahanan industri pariwisata termasuk para pengemudi, di mana Grab Indonesia selama ini memiliki peran dalam menyediakan alternatif transportasi bagi wisatawan.

Dalam kerja sama ini Wishnutama mengatakan penerapan Standard Operational Procedure (SOP) yang dapat menjamin kebersihan dan keselamatan penumpang juga mitra pengemudi harus dijalani.

Wishnutama pun menilai pihak Grab Indonesia telah menyiapkan SOP itu dengan baik.

Tonton juga:

"Kami yakin kolaborasi ini dapat memberikan rasa aman bagi mobilitas petugas medis maupun masyarakat yang membutuhkan di masa pandemi ini serta ke depannya mendukung industri pariwisata Indonesia untuk bangkit kembali," katanya.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata mengatakan, dalam menyediakan layanan transportasi yang aman dan nyaman, khususnya dalam masa pandemi dan perluasan PSBB di berbagai daerah di Indonesia.

Grab mendedikasikan armada roda 4 khusus yang akan melayani para tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi pandemi COVID-19 di Indonesia.

Armada khusus ini dilengkapi partisi plastik di dalam mobil yang melindungi pengemudi dan penumpang dan dilakukan disinfeksi secara berkala.

Layanan Grab Indonesia.
Layanan Grab Indonesia. (Dok. Kemenparekraf)

Selain itu mitra pengemudi juga telah diberi pelatihan SOP khusus terkait pencegahan penyebaran COVID-19 serta dilengkapi dengan APD seperti masker, sarung tangan, dan hand sanitizers.

"Kami sangat senang dapat bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia untuk membantu mobilitas para tenaga medis dalam beristirahat setelah bertugas menangani pasien COVID-19. Kami juga siap untuk bisa mendukung industri pariwisata bangkit," kata Ridzki Kramadibrata.

Bantu Mobilitas Tenaga Medis, Grab Gandeng Kementerian BUMN Hadirkan Layanan GrabWheels

Ucapkan Terimakasih pada Tenaga Medis, Pilot Ini Gambar Hati Raksasa di Atas Rumah Sakit

Garuda Indonesia Beri Akses Prioritas untuk Tenaga Medis Selama Pandemi COVID-19

Penuh Haru, Pilot Ini Ucapkan Terimakasih pada Tenaga Medis yang Berjuang Hadapi Covid-19

Fakta Hotel Grand Sahid Jaya, Hotel yang Sediakan Akomodasi bagi Tenaga Medis Covid-19

(TribunTravel.com/ Ratna Widyawati)

Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved