Breaking News:

Mana yang Lebih Efektif Saat Naik Pesawat: Cuci Tangan Pakai Sabun atau Hand Sanitizer?

Para ahli mengungkapkan pendapatnya tentang mana yang lebih baik antara mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat berada di toilet pesawat.

The Honest Company
Hand Sanitizer 

TRIBUNTRAVEL.COM - Saat mencuci tangan di toilet pesawat, kamu mungkin memperhatikan ada tulisan kecil di samping wastafel.

Tulisan tersebut berisi peringatan agar tidak meminum air yang bersumber dari keran.

Jika air yang bersumber dari keran toilet tidak boleh untuk diminum, lantas apakah mencuci tangan di tempat tersebut membuat tangan lebih bersih?

Dilansir TribunTravel dari laman Smarter Travel, para ahli mengungkapkan pendapatnya tentang mana yang lebih baik antara mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer saat berada di toilet pesawat.

Menurut Kantor Pencegahan dan Penangulangan Penyakit Amerika Serikat, "seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik, terutama setelah pergi ke toilet, sebelum makan, batuk, dan bersin."

"Jika sabun dan air tidak tersedia, gunakan hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol setidaknya 60 persen. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air jika tanganmu terlihat kotor," tambahnya.

Viral di Medsos, Foto Petugas yang Bersihkan Kereta Api dari Penyebaran Virus Corona

Sementara itu, Janilyn Hutchings, seorang pakar keamanan pangan di StateFoodsSafety.com juga memiliki pendapat yang sama.

"Secara umum, mencuci tangan tanpa air bersih tidaklah efektif untuk membersihkan tangan," ucap Janilyn.

Ilustrasi
Ilustrasi (rush.edu)

Janilyn mengatakan ada tiga unsur penting untuk mencuci tangan, yakni menggunakan sabun, menggosok selama 15 detik, dan membilasnya dengan air.

"Jika ada air bersih, cucilah selalu tangan dengan sabun dan air, itu lebih efektif membunuh kuman daripada menggunakan hand sanitizer," tambahnya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved