Breaking News:

Wabah Virus Corona, Tak Ada Travel Ban untuk Wisatawan Indonesia ke China

Kemenlu menyatakan tak ada larangan perjalanan (travel ban) dari pemerintah untuk WNI yang hendak berkunjung ke China setelah menyebarnya virus coron

AFP / Hector RETAMAL
Potret orang-orang menunggu untuk pemeriksaan kesehatan di Wuhan 

TRIBUNTRAVEL.COM - Kementerian Luar Negeri ( Kemenlu) menyatakan tak ada larangan perjalanan (travel ban) dari pemerintah untuk WNI yang hendak berkunjung ke China setelah menyebarnya virus corona.

Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara Kemenlu Teuku Faizasyah menyatakan, pemerintah hanya memberikan saran agar WNI yang berniat melakukan kunjungan ke China mempertimbangkan kembali rencananya.

"Mengenai travle advisory, kami sekarang belum ada travel ban untuk berkunjung ke Tiongkok. Lebih yang sifatnya memberikan peringatan, advice, saran kepada mereka yang ingin atau merencanakan atau telah merencanakan bepergian ke Tiongkok," ujar Faizasyah di Kantor Kemenlu, Jakarta, Senin (27/1/2020).

Ia meminta WNI yang ingin pergi ke China memantau aplikasi safe travel dari Kemenlu agar terus memperbaharui informasi mengenai penyebaran virus corona di negeri Tirai Bambu itu.

Dengan demikian WNI bisa melakukan langkah-langkah antisipatif jika penyebaran virus belum mereda.

Faizasyah menambahkan, di aplikasi safe travel, WNI yang bepergian ke China juga bisa memperoleh informasi ihwal tempat-tempat yang bisa dikunjungi untuk mendapat bantuan pemeriksaan kesehatan dan lain sebagainya terkait penyebaran virus corona.

Maskapai Indonesia Tak Ada Lagi yang Terbang ke Wuhan untuk Antisipasi Virus Corona

"Melalui aplikasi ini bisa dilihat sejauh mana Kemenlu rekomendasikan bagaimana mereka ingin bepergian. Atau kunjungi satu tempat tertentu, dan berdasarkan safe travel juga disusun berdasarkan kriteria yang jelas, informasi terbuka. Dengan demikian dapat dipertanggung jawabkan," lanjut dia.

Virus corona Wuhan atau corona virus baru n-CoV 2019 meluas dengan begitu cepat.

Tak lama setelah kasus tersebut terkonfirmasi ditemukan di Wuhan, China, beberapa negara lain melaporkan kejadian serupa.

Tonton juga:

Virus yang masih satu keluarga dengan virus penyebab flu hingga MERS dan SARS ini bisa menyebabkan kematian.

Melalui unggahan @safetravel.kemlu, salah satu akun resmi milik Kementerian Luar Negeri RI, tanggal 25 Januari 2020, imbauan disampaikan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi WNI yang berada atau berencana mengunjungi Hong Kong dan negara-negara yang telah terdampak.

Selain itu, diimbau juga untuk mengikuti perkembangan virus ini, menghindari tempat dan kota asal virus, tidak melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang dalam kondisi batuk, demam, atau sesak napas.

 Cegah Penyebaran Virus Corona, Disneyland dan Ocean Park Hong Kong Ditutup

 Virus Corona Telah Menyebar ke 10 Negara, Ini Cara Lindungi Diri saat Bepergian

 Viral di Medsos Foto-foto Satwa Liar yang Dijual Pasar Makanan di Wuhan, Tempat Asal Virus Corona

 Viral di Medsos, 2 Bocah yang Ditinggal Orang Tuanya di Bandara Karena Alami Gejala Mirip Corona

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenlu Sebut Tak Ada "Travel Ban" dari RI ke China"

Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved