Breaking News:

Ganjar Pranowo Sebut Keraton Agung Sejagat Bisa Jadi Desa Wisata, Tiap Bulan Gelar Event Buat Turis

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan kunjungan ke eks lokasi Keraton Agung Sejagat di Purworejo.

Editor: Kurnia Yustiana
TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati
Salah satu punggawa kerajaan saat menjaga batu besar yang dianggap sebagai prasasti Kerajaan Keraton Agung Sejagat, pada Senin (13/1/2020). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menginginkan eks Keraton Agung Sejagat Purworejo dijadikan tempat wisata.

Hal ini setelah Ganjar Pranowo ke lokasi Keraton Agung Sejagat yang terletak di Desa Pogung Jurutengah, Kecamatan Bayan, Kabupaten Purworejo, Selasa (21/1/2020).

Menurut Ganjar Pranowo lokasi Keraton Agung Sejagat tersebut sangat eksotis dengan didukung pemandangan sawah yang membentang luas berada di sebelah barat keraton.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di sela-sela kunjungannya ke eks Keraton Agung Sejagat, menuturkan pada awak media mengenai potensi desa tersebut untuk dijadikan tempat wisata.
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, di sela-sela kunjungannya ke eks Keraton Agung Sejagat, menuturkan pada awak media mengenai potensi desa tersebut untuk dijadikan tempat wisata. (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Sementara di sisi timur terdapat Sungai Jali selebar 25 meter.

"Nanti dibangun bagus, ada singgasana, kolam, pendopo dan istana, terus jadi desa wisata. Setiap bulan atau tahun bikin event. Kan banyak kuliner dan keseniannya, kan sayang kalau ditiadakan kan sudah terkenal desa ini. Sudah ramai banget," kata Ganjar Pranowo saat dikonfirmasi, Rabu (22/1/2020).

Nama Keraton Agung Sejagat ini memang tengah jadi primadona di dunia maya.

Ramai Soal Deklarasi Keraton Agung Sejagat Purworejo, Ganjar Pranowo: Lebih Baik Buat Festival Desa

Bahkan selama beberapa hari sempat trending di medsos.

Pertama waktu kirab dan saat raja serta ratunya ditangkap.

Namun sejak awal kabar itu viral di medsos, Ganjar Pranowo hanya menanggapi sebagai peristiwa lucu-lucuan saja.

"Tidak seserius itu. Ini keraton harus lucu. Masyarakat maunya lucu-lucuan kok. Tapi kalau mau dirikan kerajaan dan pengin jadi raja izin dulu. Boleh. Yang tidak boleh itu bohong-bohongan. Kalau ada situsnya, ada urut-urutannya malah kita dorong," ujar Ganjar Pranowo.

Tonton juga:

Dalam kunjungannya saat itu, Ganjar Pranowo pun sempat berkeliling ke seluruh sisi-sisi keraton.

Ganjar Pranowo melihat benteng yang terbuat dari batako dan bagunan calon pendopo.

Selain itu juga mengamati batu prasasti yang diukir indah dan sebuah kolam yang dikiranya sebagai Sendang Kamulyan.

Batu prasasti dijadikan sebagai objek selfie dan keramaian pengunjung di Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, pada Selasa (14/1/2020).
Batu prasasti dijadikan sebagai objek selfie dan keramaian pengunjung di Kerajaan Keraton Agung Sejagat di Purworejo, Jawa Tengah, pada Selasa (14/1/2020). (TRIBUNJATENG/Permata Putra Sejati)
Halaman
12
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved