Gara-gara Konflik Iran-AS, 24 Situs Warisan Dunia UNESCO ini Terancam

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump beberapa waktu lalu menargetkan ancaman terhadap 52 situs di Iran lewat tulisan di Twitternya.

Gara-gara Konflik Iran-AS, 24 Situs Warisan Dunia UNESCO ini Terancam
Instagram/ @green_travel_experience
Masjid Nasir ol-Molk, Iran 

TRIBUNTRAVEL.COM - Konflik antara negara Amerika Serikat dan Iran disinyalir akan berdampak bagi 24 situs budaya di Iran.

Pasalnya Presiden Amerika Serikat, Donald Trump beberapa waktu lalu menargetkan ancaman terhadap 52 situs di Iran lewat tulisan di Twitternya.

Sementara itu, Iran juga berikrar akan melakukan balas dendam setelah Jenderal Qasem Soleimani tewas dalam serangan pesawat tak berawak AS di Baghdad.

Dilansir CNN, Kepala The United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO), Audrey Azoulay, Senin (6/1/2020) mengatakan ada beberapa perjanjian hukum yang diratifikasi oleh AS dan Iran.

Dalam ratifikasi itu ada perjanjian larangan untuk menyerang lokasi budaya.

"Warisan budaya dan alam sebagai vektor perdamaian dan dialog antara orang-orang, dengan masyarakat internasional memiliki tugas untuk melindungi dan melestarikan untuk generasi mendatang," tegasnya seperti dikutip CNN.

Berikut adalah 24 situs warisan dunia UNESCO yang terancam jika konflik AS dan Iran terus berlanjut:

Armenian Monastic Ensembles of Iran
1. Armenian Monastic Ensembles of Iran

Situs ini terdiri dari tiga biara Kristen Armenia yaitu Biara Santo Thaddeus, Santo Stepanus, dan Kapel Dzordzor di barat laut Iran. Biara tertuanya adalah Santo Thaddeus yang berdiri dari abad ketujuh.

Menurut UNESCO, Biara merupakan saksi hidup tradisi keagamaan Armenia selama berabad-abad. 

Situs warisan budaya Bisotun di Iran.
2. Bisotun

Sebuah prasasti multibahasa diukir di tebing batu kapur Iran Barat. Prasasti ini ditulis dalam bahasa Babilonia, Persia Kuno, dan Elamit.

Halaman
1234
Ikuti kami di
Editor: Gigih Prayitno
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved