Viral di Medsos, Turis WNI Bikin Shinkansen Jepang Terlambat, KBRI Tokyo Beri Peringatan

Viral di medsos turis asal Indonesia diduga membuat Shinkansen atau kereta cepat terlambat hingga KBRI Tokyo memberi peringatan.

Viral di Medsos, Turis WNI Bikin Shinkansen Jepang Terlambat, KBRI Tokyo Beri Peringatan
Facebook/ Kucing Putih
Turis Indonesia di Jepang yang membuat Shinkansen telat 

TRIBUNTRAVEL.COM - Viral di medsos turis asal Indonesia diduga membuat Shinkansen atau kereta cepat terlambat hingga KBRI Tokyo memberi imbauan.

Dilansir oleh TribunTravel dari ungahan akun Facebook dengan nama Kucing Putih memperlihatkan beberapa turis Indonesia yang asyik berfoto.

Dalam video tersebut terlihat sejumlah turis yang berfoto dengan latar kereta Shinkansen yang siap untuk berangkat.

Namun karena jarak antara turis dengan Shinkansen terlalu dekat, kereta tersebut belum juga berangkat.

Hal ini karena beberapa turis berada di garis kuning yang merupakan batas aman kereta, bahkan ada turis yang menyandarkan tangannya di pembatas platform dan kereta.

Akibatnya pengunjung yang berfoto tersebut "diklakson" oleh masinis Shinkansen tersebut membuat turis yang berfoto kaget dan menghindar.

Berdiri di dekat Shinkansen tentu sangat berbahaya karena tekanan udara dari Shinkansen yang melaju cepat bisa mencelakai pengunjung.

Menurut penuturan pengunggah foto, akibat kelakuan dari turis-turis tersebut membuat jadwal Shinkansen menuju Tokyo telat 10 menit.

Padahal dalam budaya Jepang, telat merupakan masalah yang serius, meskipun hanya telat beberapa menit.

"Ada sekumpulan orang random +62.... .disuruh minggir ama petugas ga mau. Soalnya Shinkansennya mau berangkat, mereka asik foto-foto tapi gangguin perka klb jadi telat smua ini Shinkansen. Akhirnya Shinkansen ke arah tokyo pada telat 10 menit smua"

Kejadian ini pun ramai diperbincangkan oleh warganet dan menjadi viral di medsos dengan lebih dari 1.900 kali dibagikan di Facebook.

Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo juga turut merespon karena ulah beberapa turis Indonesia di Jepang ini dengan memberikan imbauan melalui Twitter.

KBRI Tokyo meminta orang Indonesia yang sedang liburan ke Jepang untuk mengikuti tata tertib dan aturan yang berlaku di negara tersebut.

Hal ini dengan tujuan untuk keselamatan para turis tersebut dan menjaga nama baik Indonesia di negara lain.

Selain itu, KBRI Tokyo juga menjelaskan bahwa petugas setempat (aparat Jepang) mempunyai hak penuh untuk menahan Warga Negara Asing yang melanggar ketertiban dan hukum di Jepang.

"Bagi WNI yg sedang berlibur di Jepang, harap mengikuti tata tertib & peraturan di Jepang. Aparat setempat memiliki hak sepenuhnya untuk menahan WN Asing yg melanggar ketertiban maupun hukum Jepang. Mari kita jaga nama baik Indonesia. Selamat berlibur! @Kemlu_RI #IndonesianWay" tulis @KBRITokyo melalui akun Twitternya.

79 Fakta Unik Jepang, Satu-satunya Negara yang Jadi Korban Bom Atom

7 Alasan Buah Melon di Jepang Sangat Mahal hingga Ratusan Juta

9 Potret Teknologi Canggih Jepang, Traveler Perlu Tahu Supaya Tak Bingung Memakainya

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Gigih Prayitno
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved