Breaking News:

Viral di Medsos Paus Beluga Kembalikan Ponsel Turis yang jatuh ke Laut Diduga Mata-mata Rusia

Sempat viral di media sosial mengenai seekor paus beluga yang membantu mengambilkan handphone seorang turis yang terjatuh ke dalam laut.

Editor: Gigih Prayitno
Twitter/Ferrisjbr
Paus Beluga yang diduga merupakan mata-mata Rusia 

TRIBUNTRAVEL.COM - Dunia sedang dihebohkan dengan seekor hewan unik.

Sempat viral di sosial media mengenai seekor paus beluga yang membantu mengambilkan handphone seorang turis yang terjatuh ke dalam laut.

Video tersebut kemudian menjadi fenomenal karena pada  dasarnya hewan paus beluga merupakan hewan liar.

Nampak dalam sebuah video paus lucu tersebut datang kembali ke permukaan dengan membawa handphone turis yang terjatuh.

 3 Aksi Turis Bule Bikin Onar di Bali yang Viral di Medsos, Curi Vodka hingga Ngamuk di Jalanan

 Pura-pura Belanja, Turis Bule Ini Curi Vodka di Ubud Bali, Videonya Viral di Medsos

Beberapa waktu setelah itu muncul lagi video serupa di mana hewan paus beluga yang diduga sama di video sebelumnya bermain lempar tangkap dengan seorang pria.

Nampak di video tersebut seorang pria melempar bola rugby yang kemudian diambil dan dikembalikan oleh paus beluga tersebut.

Melihat fenomena itu seorang jurnalis ilmiah Ferris Jabr melalui akun twitter pribadinya @ferrisjabr menuliskan kalau paus beluga itu kemungkinan bukanlah hewan sembarangan.

Dirinya mengatakan kalau paus yang viral tersebut diduga bernama Hvaldimir yang merupakan pelarian dari program militer Rusia.

"Video viral tentang Beluga 'liar' bermain lempar tangkap sepertinya tidak seperti yang kita pikirkan. Sepertnya dia Hvaldimir, yang dulunya pernah dikurung dan akhirnya kabur dari program militer Rusia. Sendirian, kurang gizi, dan terluka mengarungi laut mencari makanan dan perhatian dari orang-orang di sekitar," tulis Ferris di Twitternya dalam bahasa Inggris.

Cuitan Ferris mengenai Hvaldimir
 

Ferris kemudian menjelaskan kalau sebelumnya paus Beluga tersebut pertama kali muncul dengan menggunakan sebuah ikat tubuh berlabelkan "perlengkapan dari St. Petersburg."

Semenjak saat itu Ferris menjelaskan kalau paus tersebut memang sering mendatangi orang-orang di sekitar untuk mengembalikan barang-barang yang jatuh ke laut.

Namun Ferris mengatakan kalau memang benar dia Hvaldimir, maka dia sudah terbiasa hidup di penangkaran dengan kondisi sering diberi makan dan mendapt perhatian manusia.

 Hvaldimir tentu akan kesulitan untuk hidup di alam liar dengan kondisinya yang terdidik untuk biasa mendapatkan perawatan.

 12 Kelakuan Buruk Turis Bule di Bali yang Viral di Medsos, Tendang Pengendara hingga Menjambret

 10 Kelakuan Turis Asing di Indonesia yang Tak Patut Ditiru, Ada yang Banting Petugas di Bromo

Kemudian muncullah video di mana paus beluga tersebut bermain lempar tangkap dengan seorang pria.

Ferris mengatakan kalau beluga memang hewan pintar dan sosial, namun tidak mungkin hewan liar dengan mudahnya memahami permainan lempar tangkap.

"Beluga memang hewan yang sangat cerdas dan sosial, tapi paus liar tidak mungkin paham dengan rugby. Mereka seharusnya tidak paham kenapa manusia melemparkan bola atau benda kepadanya," tulis Ferris. 

Video terlekat
Hingga akhirnya dirinya benar-benar yakin kalau paus tersebut merupakan Hvaldimir yang merupakan hewan hasil penangkaran Rusia yang diduga dilatih untuk dijadikan sebagai mata-mata.

Dikutip Gridhot dari The Guardian, Hvaldimir sendiri masih menjadi dugaan apakah hewan tersebut merupakan mata-mata atau tidak.

Yang pasti beberapa pihak sedang berusaha membawa hewan tersebut untuk dirawat dengan selayaknya sebelum benar-benar terjun ke alam liar.

Bahkan Murmansk yang merupakan konselor dari Norwegia menyarankan agar Hvaldimir dibawa untuk dijadikan hewan terapi bagi para anak-anak penyandang autis.

Pihak militer Rusia sempat memberikan pernyataan kalau hewan tersebur bukanlah mata-mata yang mereka didik.

Namun pihak Rusia tidak menyangkal kalau hewan tersebut bisa saja benar-benar salah satu hewan yang lepas dari penangkaran militer Rusia.

Artikel ini sudah tayang di Grid.ID dengan judul Liar Tapi Fenomenal, Paus Beluga Ini Jadi Viral Usai Kembalikan Handphone Turis yang Jatuh ke Tengah Laut, Awalnya Dikira Hewan Biasa Tapi Ternyata Terungkap Fakta Mencengangkan, Bernama Hvaldimir dan Berstatus Mata-mata Rusia

Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved