Ada Penumpang Berfoto di Kokpit, Pilot Ini Dilarang Terbang Seumur Hidup

Seorang pilot maskapai di China mendapat larangan terbang setelah beredar foto penumpang yang berpose di dalam kokpit.

Ada Penumpang Berfoto di Kokpit, Pilot Ini Dilarang Terbang Seumur Hidup
(Weibo via BBC)
Foto yang beredar di China memperlihatkan seorang penumpang perempuan maskapai Air Guilin berpose di dalam kokpit pesawat. Maskapai kemudian menghukum si pilot dalam insiden yang dilaporkan terjadi Januari lalu. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Seorang pilot maskapai di China mendapat larangan terbang setelah beredar foto penumpang yang berpose di dalam kokpit.

Dilaporkan media setempat, foto itu diambil Januari lalu di maskapai Air Guilin yang terbang dari Guilin ke kota Yangzhou.

Namun, gambar itu baru beredar pada pekan ini, memaksa maskapai untuk mengambil aksi dengan melarang si pilot untuk terbang.

Dilansir BBC Selasa (5/11/2019), foto itu memperlihatkan penumpang perempuan berpose di kokpit dengan minuman berada di depannya.

TONTON JUGA:

Si perempuan membentuk gestur V dengan jarinya, pose yang disebut populer di China, disertai dengan keterangan "terima kasih kepada kapten. Senang sekali."

Diberitakan Global Times, foto itu tepatnya diambil pada 4 Januari dalam penerbangan dengan nomor GT1011, dengan fotonya berrdar pada Minggu (3/11/2019).

10 Kode Rahasia yang Digunakan Pilot dan Pramugari, Waspada Jika Dengar Air Pocket

Kesaksian 2 Pilot Selamat Melewati Segitiga Bermuda, Kawasan yang Berselimut Misteri

Chinese News Service memberitakan, si perempuan disebut merupakan pramugari yang tengah menjalankan pelatihan di universitas di Guilin.

Maskapai tidak merinci kapan foto itu diambil. Namun merujuk kepada keterangan pilot analis, gambar itu terjadi di tengah penerbangan.

Diduga Pasang Kamera Tersembunyi di Toilet Pesawat, Pilot Ini Dituntut Pramugari

Pramugari Ungkap Bagian Tersulit dari Pekerjaannya: Hubungan Asmara hingga Menikah dengan Pilot

Dalam pernyataan Air Guilin, pilot yang tidak disebutkan identitasnya itu dinilai telah melanggar dengan mengundang penumpang masuk ke kokpit.

Berdasarkan Badan Penerbangan Sipil China, penumpang dilarang masuk tanpa mendapat izin khusus, atau berada dalam "situasi yang mendesak".

Karena itu, maskapai kemudian mengumumkan bahwa si pilot dilarang untuk terbang seumur hidup. Meski tak dijelaskan apakah dia juga dipecat.

Selain pilot, satu orang staf yang disebut terlibat dalam insiden itu juga mendapat hukuman, dengan penyelidikan sedang berlangsung.

11 Bahasa Rahasia yang Digunakan Pilot dan Jarang Diketahui Penumpang

Curhatan Mantan Pramugara Soal Cinta Lokasi Pramugari dan Pilot di Pesawat

"Keselamatan penumpang adalah prioritas Air Guilin. Kami tak menoleransi perilaku tak profesional yang membahayakan penerbangan," ujar maskapai.

Tahun lalu, pilot di Donghai Airlines dihukum enam bulan dan dicabut lisensinya sebagai instruktur setelah istrinya diizinkan masuk ke dalam kokpit.

Artikel ini sudah tayang di Kompas.com dengan judul Ada Penumpang Berfoto di Kokpit, Pilot China Dilarang Terbang Seumur HIdup

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved