Breaking News:

Jangan Pernah Posting Foto Boarding Pass Pesawat di Media Sosial, Ini Alasannya

Membagi boarding pass pesawat di media sosial bisa berujung pada penyalahgunaan data-data pribadi yang sensitif oleh penjahat maya.

PortSwigger
Boarding pass 

TRIBUNTRAVEL.COM - Membagi boarding pass pesawat di media sosial bisa berujung pada penyalahgunaan data-data pribadi yang sensitif oleh penjahat maya.

Berbagi momen kebahagiaan kepada publik lumrah dan kerap kita lakukan dewasa ini terutama melalui platform media sosial.

Di tengah-tengah musim liburan seperti saat ini, berbagai aneka informasi perjalanan liburan maupun foto-foto momen liburan sering kita lihat di media sosial.

Bahkan tak jarang, orang-orang senang membagikan boarding pass mereka di media sosial sebagai pemberitahuan secara publik atas partisipasinya dalam merayakan momentum besar.

Mungkin belum banyak orang menyadari bahwa menggungah boarding pass, apalagi dengan setting dibagikan ke publik, adalah hal yang berbahaya.

Tonton juga:

Traveler Sebaiknya Jangan Lakukan Satu Hal Sepele Ini di Pesawat

Selain nama dan tujuan, boarding passmu juga memuat beberapa informasi sensitif, yang jika dilihat sekilas tampaknya tidak bermanfaat bagi siapa pun, kecuali staf bandara.

Informasi yang terdapat di boarding pass juga bisa ditemukan pada screenshot tiket, konfirmasi pemesanan yang diperoleh melalui aplikasi mobile, dan konfirmasi melalui e-mail.

Tanpa menyebarluaskan boarding pass di media sosial pun, siapa saja dapat memperoleh akses ke data tersebut secara diam-diam jika kamu menerapkan kata sandi yang lemah untuk e-mail.

Data-data apa lagi yang tercantum pada boarding pass?

Di sana mungkin ada nomor kartu loyalty atau frequent flyer.

Pesawat Emirates Rute Dubai-Denpasar-Auckland Alami Turbulensi, 11 Penumpang Terluka

Pertama Kali Naik Pesawat, Ketahui 5 Posisi Kursi Terburuk di Penerbangan

Berbekal nomor atau nama pemegang kartu, seseorang bisa login ke profil pribadi kamu di situs web milik maskapai penerbangan yang kamu langgan atau untuk melakukan checkin daring.

Data penting lainnya yang tersembunyi dalam boarding pass adalah Passenger Name Record atau PNR.

PNR adalah kode reservasi yang berfungsi sebagai pengenal unik penumpang dalam sistem reservasi.

Halaman
123
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved