Breaking News:

5 Fakta Unik Wamena, Ada Mumi Ratusan Tahun dan Festival Lembah Baliem

Wamena sendiri mempunyai fakta unik yang bisa kamu ketahui, mulai dari tempat berlangsungnya Festival Lembah Baliem hingga tempat wisatanya yang indah

Instagram/melinifitri
Festival Lembah Baliem 

TRIBUNTRAVEL.COM - Melihat fakta unik Wamena, sebuah kota yang berada di Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua.

Wamena sendiri mempunyai fakta unik yang bisa kamu ketahui, mulai dari tempat berlangsungnya Festival Lembah Baliem hingga tempat wisatanya yang indah.

Selain itu, fakta unik Wamena lainnya adalah kamu bisa menemukan mumi berusia ratusan tahun yang merupakan orang-orang penting pada masa itu.

Dilansir dari berbagai sumber, simak 5 fakta unik Wamena yang bisa kamu ketahui.

1. Tempat berlangsungnya Festival Lembah Baliem

Wamena juga menjadi lokasi berlangsungnya Festival Lembah Baliem yang sudh dilaksanakan sejak tahun 1989 dan hingga kini terus dilaksanakan.

Pada tahun 2019 ini Festival Lembah Baliem diselenggarakan pada 7 hingga 10 Agustus yang lalu dan menjadi satu ikon Pariwisata Papua di mata dunia.

Dalam festival ini terdapat beragam atraksi dan kegiatan dari masyarakat Papua yang diminati oleh para wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri.

TONTON JUGA :

2. Ada Mumi Ratusan Tahun

Berkunjung ke Wamena berarti kamu tidak boleh melewatkan untuk melihat mumi suku Dani yang sudah berusia hampir 300 tahun/

Mumi ini tersebar di tiga distrik, yakni Distrik Kurulu, Distrik Assologaima dan Distrik Murima.

Mumi-mumi ini bukanlah orang biasa, tetapi para kepala suku dan orang panutanlah yang berhak dijadikan mumi.

3. Ada Hamparan Pasir Seperti Pantai tetapi di Pegunungan

Lembah Baliem di Wamena punya satu tempat wisata menarik dan unik yang bisa kamu kunjungi, yakni hamparan pasir yang biasa kita temukan di pantai namun ada di pegunungan.

Hamparan pasir luas di pegunungan ini bisa kamu temukan di Desa Aikima, Kabupaten Jayawijaya, sekitar 15 hingga 20 menit dari pusat kota Wamena.

Hamparan pasir luas ini ternyata berasal dari sebuah danau besar yang mengering.

Danau yang bernama Danau Wiu tersebut kemudian menyurut dan membentuk Sungai Baliem karena gempa dahsyat yang menyebabkan pergeseran lempeng bumi pada 1813.

4. Telaga Biru di Distrik Maima

Di Distrik Maima, Wamena terdapat satu tempat wisata yang masih asri dan belum terjamah oleh banyak orang, yakni Telaga Biru.

Telaga yang berada di Distrik Maima ini mempunyai air danau yang berwarna hijau toska yang dikelilingi oleh pepohonan hijau dengan lanskap pegunungan dan Lembah Baliem.

Selain tiu, terdapat jembatan gantung yang tak kalah indah yang menghubungkan jalan utama dengan Distrik Maima, yakni Jembatan Kuning.
Halaman
12
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved