Belum Lama Diresmikan, Inilah Jembatan BJ Habibie di Timor Leste

Sebuah jembatan dengan nama Jembatan BJ Habibie diresmikan di Timor Leste pada Kamis (29/8/2019). Jembatan BJ Habibie di Timor Leste panjangnya 540 m.

Belum Lama Diresmikan, Inilah Jembatan BJ Habibie di Timor Leste
KEMENTERIAN PUPR
Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono (berdiri di kiri atas mobil), setelah acara peresmian Jembatan BJ Habibie, bersama Presiden Parlemen Nasional Arao Noe de Jesus, menaiki mobil yang dikemudikan Mantan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah jembatan dengan nama Jembatan BJ Habibie diresmikan di Timor Leste pada Kamis (29/8/2019), bertepatan dengan Peringatan 20 Tahun Referendum Timor Leste.

Dilansir dari laman resmi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Jembatan BJ Habibie tersebut berlokasi di Desa Bidau Sant'ana.

Jembatan yang dibangun dengan anggaran hingga 3,9 juta dollar AS atau sekitar Rp 55 miliar itu memiliki panjang 540 meter dengan lebar delapan meter dan memiliki dua jalur.

Jembatan itu dibangun oleh badan usaha milik negara Timor Leste.

Turut hadir dalam peresmian jembatan tersebut, perwakilan Indonesia, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, sebagai utusan khusus Presiden Joko Widodo.

"Saya ditugasi Presiden Joko Widodo untuk mewakili Indonesia memenuhi undangan Presiden Timor Leste menghadiri 20 tahun Jajak Pendapat Timor Leste."

BJ Habibie, sosok paling dikagumi di Indonesia hingga namanya jadi jembatan di Timor Leste.
BJ Habibie, sosok paling dikagumi di Indonesia hingga namanya jadi jembatan di Timor Leste. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

"Terkait peresmian jembatan di Dili dengan nama BJ Habibie, ini merupakan kehormatan bagi Pemerintah Indonesia dan khususnya Bapak BJ Habibie," kata Menteri Basuki saat memberikan sambutan, didampingi Menteri PU Timor Leste Salvador Soares dos Reis Pires dan mantan Presiden Timor Leste Jose Manuel Ramos Horta.

Basuki mengatakan, BJ Habibie merupakan sosok negarawan yang dicintai oleh rakyat Indonesia dan Timor Leste.

Meski telah terpisah dari Indonesia, kerja sama kedua negara masih terjalin erat, salah satunya dalam bidang pembangunan infrastruktur dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) Timor Leste

Sejumlah pelatihan dilaksanakan oleh Kementerian PUPR dengan Timor Leste, di antaranya pelatihan rehabilitasi dan rekonstruksi jalan, program dan budgeting, serta pelatihan tenaga teknik operasional untuk operator alat-alat berat.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved