PT KAI Ingatkan Selfie di Sekitar Rel Kereta Api Membahayakan dan Ada Ancaman Pidana

PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengingatkan masyarakat untuk tak melakukan aktivitas yang membahayakan, salah satunya selfie, di sekitar rel kereta api

PT KAI Ingatkan Selfie di Sekitar Rel Kereta Api Membahayakan dan Ada Ancaman Pidana
Instagram
Rel kereta api 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengingatkan masyarakat untuk tak melakukan aktivitas yang membahayakan, salah satunya selfie, di sekitar rel kereta api atau saat kereta api melintas. 

Aktivitas seperti ini berbahaya dan berpotensi melanggar ketentuan undang-undang.

Manager Humas Daerah Operasional VI Yogyakarta Eko Budiyanto mengatarakan, larangan soal ini kembali diingatkan karena banyaknya korban yang jatuh akibat aktivitas di sekitar perlintasan kereta, terutama berswafoto dengan latar kereta yang datang dan melaju kencang.

“Kalau selfie itu bukannya ada kereta datang menjauh, tapi malah mendekati supaya momen gambarnya bagus, dan justru itu yang membahayakan,” kata Eko kepada Kompas.com, Senin (2/9/2019) siang.

“Di era saat ini, ketika HP marak, orang bisa selfie membuat film pendek atau action, banyak saudara kita yang mengabaikan risiko,” lanjut dia.

Tonton juga:

Rekomendasi 7 Hotel Murah di Kota Solo dengan Lokasi Strategis untuk Traveler

Fakta Unik Jepang, Robot Humanoid Berikan Pidato Ajaran Buddha di Kuil

Cara Membeli Tiket Kereta Api Tarif Reduksi Pakai KAI Access

Menurut Eko, mereka yang melakukan aktivitas ini biasanya melakukan secara diam-diam dan tidak meminta izin kepada pihak PT KAI.

Jika pihak PT KAI mengetahui hal ini, mereka yang melanggar peraturan bisa diamankan oleh pihak PT KAI untuk diberikan penjelasan.

“Kalau sanksi itu biasanya kami pegang orang yang ada di rel itu. Kalau dia main lempar batu, ya kami tangkap dia. Terus kalau anak-anak, orangtuanya kami panggil untuk mempertanggungjawabkan kalau sampai ada kerusakan,” jelas Eko.

Ia mengingatkan, aktivitas seperti ini salah satunya melanggar Pasal 199 UU Nomor 23 tahun 2007 tentang Perkeretaapian.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved