Rekomendasi Wisata

Air Terjun Tembinus, Tempat Wisata di Penajam Paser Utara yang Menantang

Liburan ke ibu kota baru Indonesia ini, Air Terjun Tembinus menjadi satu tempat wisata wajib yang harus dikunjungi kamu yang memiliki jiwa petualang.

Instagram/dhany_vanrifky
Air Terjun Tembinus 

TRIBUNTRAVEL.COM - Air Terjun Tembinus atau yang juga biasa disebut Niagara Tembinus menjadi rekomendasi tempat wisata di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, ibu kota baru Indonesia yang diumumkan secara resmi oleh Jokowi.

Liburan ke ibu kota baru Indonesia ini, Air Terjun Tembinus menjadi satu tempat wisata wajib yang harus dikunjungi kamu yang memiliki jiwa petualang.

Lokasi wisata air terjun ini terletak di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Air Terjun Tembinus ini masih berada dalam wilayah Hak Guna Usaha PT. ITCI Hutani Manunggal, hutan konservasi di Penajam Paser Utara.

Meskipun begitu, tempat tersebut sudah bisa diakses oleh pengunjung dan hanya bisa dikunjungi pada hari Sabtu dan Minggu saja.

Untuk menuju ke Air Terjun Tembinus, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 3 jam dari ibu kota kabupaten Penajam Paser Utara.

Selain itu, jalur yang harus kamu lewati untuk sampai di Air Terjun Tembinus ini cukup melelahkan karena harus melewati i jalan logging selama kurang lebih satu jam.

Kemudian kamu harus menyusuri jalan setapak sejauh kurang lebih satu kilometer.

Traveler Perlu Tahu, Transportasi dari Balikpapan ke Penajam Paser Utara

Pantai Corong, Tempat Wisata di Penajam Paser Utara yang Instagramable

Berada di kawasan hutan konservasi, Air Terjun Tembinus memberikan pesona alam yang luar biasa yang bisa kamu kunjungi, sebanding dengan perjalanan yang kamu tempuh.

Kamu akan disuguhkan dengan pesona air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 25 meter yang berada di dalam rimba hutan industri ini.

Debit air yang mengalir di air terjun ini pun cukup deras namun masih tergolong aman, melewati tebing bebatuan berlapis-lapis tersusun rapi.

Selain itu, di sini juga terdapat kolam besar yang terbentuk secara alami yang diapit oleh bebatuan besar.

TONTON JUGA :

Pantai Sipakario, Tempat Wisata di Penajam Paser Utara yang Populer

Di Air Terjun Tembinus ini kamu tidak hanya bisa bersantai menikmati pemandangan alam yang masih natural, tetapi juga berenang di kolam alami tersebut.

Ada juga bongkahan batu besar tepat di depan air terjun ini yang dijadikan satu spot foto yang Instagramable para pengunjung yang datang.

Kamu pun bisa mengambil foto dengan lanskap air terjun berdebit besar tersebut menawarkan kesan elegan dpada fotomu.

Bila kamu akan mengunjungi tempat ini, sebaiknya kamu datang ketika hari sedang cerah, sehingga jalanan menuju Air Terjun Tembinus tidak licin dan tidak membahayakan dirimu sendiri.

Tidak hanya itu, kamu juga diberikan batas waktu untuk menikmati pesona Air Terjun ini hanya sampai pukul 16.00 sore hari.

19 Fakta Unik India, Ada Kartu Identitas untuk Sapi hingga Punya 6 Musim

Rishiri Ramen Miraku, Kedai Ramen Terpencil di Jepang yang Hanya Buka 2,5 Jam Setiap Hari

6 Ramen di Jepang dengan Rasa Paling Aneh, Ada Kopi hingga Es Krim

10 Fakta Unik Inggris yang Jarang Diketahui, Termasuk Bilik Telepon Warna Merah

5 Makanan yang Tercipta Tanpa Sengaja, Termasuk Sandwich

(TribunTravel.com/GigihPrayitno)

Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved