Mau Merayakan 17 Agustus di Gunung Rinjani? Ini 4 Jalur Pendakian yang Dibuka

Balai Taman Nasional Gunung Rinjani membuka empat jalur pendakian bagi wisatawan yang ingin merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Mau Merayakan 17 Agustus di Gunung Rinjani? Ini 4 Jalur Pendakian yang Dibuka
we12travel.com
Gunung Rinjani 

TRIBUNTRAVEL.COM - Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (BTNGR) membuka empat jalur pendakian bagi wisatawan yang ingin merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Gunung Rinjani, 17 Agustus 2019 mendatang.

Kepala BTNGR Sudiyono, mengatakan pembukaan jalur di Gunung Rinjani kali ini dibuka terbatas hanya sampai Plawangan.

Para pendaki tidak diperbolehkan turun mendekat ke Segara Anak maupun naik ke puncak Gunung Rinjani.

"Hanya sampai Plawangan Sembalun, Plawangan Senaru, Plawangan Aiq Berik dan Plawangan Timbanuh," terang Sudiyono dalam keterangan resmi, Jumat (26/7/2019).

Jalur pendakian Gunung Rinjani kembali dibuka tanggal 14 Juni 2019 setelah sebelumnya ditutup akibat gempa bumi beruntun mengguncang Lombok tahun 2018 lalu.

Empat jalur pendakian yang dibuka di antaranya jalur Senaru, jalur Sembalun, jalur Aiq Berik dan jalur Timbanuh. Oleh karena itu, seluruh pendaki yang akan mendaki diwajibkan untuk mematuhi standar operasional pendakian dari TNGR.

Pada perayaan Agustusan tahun ini, BTNGR membuka jalur pendakian ke Gunung Rinjani dengan kuota tetap dan tidak memberlakukan tambahan kuota pendakian.

"Dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan pendaki, serta kemungkinan dampak negatif terhadap ekosistem serta daya dukung lingkungan/kawasan," kata Sudiyono.

Selain itu, tahun ini diberlakukan perbaikan manajemen pendakian dengan diberlakukannya boking online melalui aplikasi eRinjani dan pembatasan jumlah pendaki harian.

Kuota melalui jalur pendakian Sembalun dan Senaru sebanyak 150 orang per hari.

Sementara melalui jalur Aiq Berik dan Timbanuh sebanyak 100 orang per hari.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ingin ke Gunung Rinjani Rayakan 17 Agustus? Ini 4 Jalur Pendakian yang Dibuka"

Ikuti kami di
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved