Gagal Mendarat Gara-gara Cuaca Buruk, Pesawat Ini Hampir Kehabisan Bahan Bakar

Sebuah pesawat penumpang penerbangan lokal nyaris kehabisan bahan bakar di udara akibat cuaca buruk.

Gagal Mendarat Gara-gara Cuaca Buruk, Pesawat Ini Hampir Kehabisan Bahan Bakar
orbitz.com
Ilustrasi pesawat 

TRIBUNTRAVEL.COM - Sebuah pesawat penumpang penerbangan lokal India nyaris kehabisan bahan bakar di udara akibat cuaca buruk, yang memaksa pesawat terbang lebih lama dari yang seharusnya.

Pesawat penerbangan Vistara UK944 hanya memiliki sisa bahan bakar untuk waktu lima hingga enam menit sebelum akhirnya mendarat dengan selamat di bandara alternatif setelah melakukan panggilan darurat bahan bakar (fuel mayday).

Pesawat dalam penerbangan pada 15 Juli lalu itu membawa 153 penumpang dan terbang dari bandara Mumbai dengan tujuan Delhi.

Namun, pesawat A320neo itu tidak dapat mendarat di Delhi akibat cuaca buruk dan akhirnya dialihkan ke bandara di Lucknow yang berjarak sekitar 420 kilometer.

Akan tetapi, setelah tiba di atas Lucknow, jarak pandang mendadak menurun dan pilot berusaha menuju Prayagraj yang berjarak 30 menit terbang, hanya untuk kembali memutar Lucknow setelah tujuh menit.

Pada tahap ini, pesawat dengan cepat kehabisan bahan bakar dan mulai menggunakan bahan bakar cadangan, serta melakukan panggilan darurat.

Cuaca akhirnya cerah dan pesawat dapat mendarat di Lucknow dengan 200 kilogram bahan bakar tersisa, yang cukup untuk terbang selama maksimal enam menit.

Demikian menurut sumber kepada The Times of India.

Seorang pilot senior mengatakan kepada media, pesawat itu beruntung dapat mendarat dengan selamat.

Pilot senior itu menyebut keputusan mengalihkan penerbangan ke Prayagraj alih-alih melakukan pendaratan di Lucknow sebagai keputusan yang berbahaya.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved