Kenapa Pramugari Meminta Penumpang Menurunkan Sandaran Tangan Saat Mendarat?

Pramugari meminta setiap penumpang menurunkan sandaran tangan jika si penumpang menaikan sandaran selama penerbangan.

Kenapa Pramugari Meminta Penumpang Menurunkan Sandaran Tangan Saat Mendarat?
bravotv.com
Ilustrasi 

TRIBUNTRAVEL.COM - Ketika pesawat akan lepas landas atau mendarat, ada beberapa informasi yang diberitahukan oleh awak penerbangan.

Satu di antaranya, meminta setiap penumpang menurunkan sandaran tangan jika si penumpang menaikan sandaran selama penerbangan.

Nah, sebenarnya informasi ini sangat sederhana.

Tapi mengapa?

Sebastien Bouevier, yang bekerja sebagai instruktur Safety & Emergency Procedures untuk sebuah maskapai penerbangan besar, akan menjelaskannya.

Bouevier mengutip hukum pertama gerak Newton yang menyatakan ‘Benda yang diam akan tetap diam dan benda yang bergerak akan tetap bergerak dengan kecepatan yang sama dan dalam arah yang sama kecuali ditindaklanjuti oleh gaya yang tidak seimbang’.

Artinya jika sandaran tangan berada dalam posisi berdiri atau tidak dalam posisi berada di bawah, maka ada potensi sandaran tangan tersebut bisa terlempar dengan kecepatan yang sama ketika pesawat mendadak berhenti saat mendarat.

Ingatlah, pesawat kecepatan pesawat untuk lepas landas dan mendarat ada pada 135 sampai 155 knot (atau sekitar 250 sampai 287 km/jam).

“Bayangkan jika sandaran tangan bisa membentur tubuh dengan kekuatan seolah-olah sedang melaju dengan kecepatan lebih dari 135 knot,” tutur Bouevier kepada Quora dikutip msn.com.

Traveler perlu tahu, keselamatan penumpang merupakan prioritas utama awak penerbangan.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved