Festival Teluk Jailolo 2019, Pesona Budaya Kepulauan Rempah

Festival Teluk Jailolo 2019 yang diadakan Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat akan diselenggarakan pada 24-29 Juni 2019.

Festival Teluk Jailolo 2019, Pesona Budaya Kepulauan Rempah
instagram/festivaltelukjailolo_official
Tarian Saloi Sirimoi yang menjadi simbol keberagaman yang menyatukan dalam Festival Teluk jailolo 2019. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Festival Teluk Jailolo merupakan salah satu kegiatan promosi pariwisata Pemerintah Kabupaten Halmahera Barat.

Festival Teluk Jailolo 2019, kali ini berhasil masuk dalam jajaran 100 Wonderful Event dan menjadi list Calender of Event Kementerian Pariwisata RI, dilansir TribunTravel dari kemenpar.go.id.

Rencananya, Festival Teluk Jailolo akan diselenggarakan pada 24-29 Juni 2019.

Menggusung tema Pesona Budaya Kepulauan Rempah, Festival Teluk Jailolo 2019 juga aklan menampilkan seni Sasandu di laut, tradisi Moluku Kie Raha, parade Budaya, Sigofi Ngolo, Orom Sasadu dan masih banyak lagi.

Moloku Kie Raha dalam Festival Teluk Jailolo 2019, akan menampilkan berbagai makanan tradisional serta berbagai pertunjukan seni dan budaya yang unik.

Tonton juga: 

Rekomendasi 6 Menu Makan Siang Enak di Batam yang Harus Dicoba

Diskon 50 Persen untuk Tiket Pertama Nonton Film X-Men: Dark Phoenix

Harga Tiket Masuk Tanah Lot Bali dan Atraksi Wisata di Sekitarnya

Kie Raha mempunyai arti persaudaraan para penguasa empat gunung (atau kerajaan).

Sedangkan ritual Sigofi Ngolo merupakan upacara tradisi bersih laut dan tabur bunga yang bertujuan untuk memohon izin kepada kleluhur untuk kelancaran acara oleh masyarakat dengan berziarah ke Pulau Babua.

Dalam gelaran Festival Teluk Jailolo 2019, pengunjung akan dibawa untuk menjelajahi sejumlah desa tradisional di Halmahera Barat untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah rempah-rempah di jantung 'Pulau Rempah'.

Tidak hanya mempelajari sejarah rempah-rempah, pengunjung dan penduduk setempat dapat berpartisipasi dalam sejumlah program dan kompetisi di festival ini mulai dari kompetisi fotografi bawah laut, kompetisi 'menyapu laut', penyelaman menyenangkan, kompetisi tarian tradisional, kompetisi permainan tradisional, dan banyak lagi.

Pada acara puncak Festival Teluk Jailolo 2019, akan ditampilkan persembahan teater musical dengan panggung di atas air 'Sasadu on the Sea' yang merupakan ikon Festival Teluk Jailolo 2019 dan tidak ketinggalan ada hiburan rakyat oleh artis Ibukota.

Dilansir TribunTravel dari akun instagram @festivaltelukjailolo_official, Launcing Festival Teluk Jailolo 2019 diadakan pada Sabtu 6 April 2019 pukul 20.00 WIT bertempat di Kawasan landmark Ternate.

Dalam acara launching Festival Teluk Jailolo 2019 tersebut turut dimeriahkan dengan Persembahan Medley Tarian Suku-Suku Asli, Musik Yanger, Cry Jailolo dan hiburan lainnya.

6 Fakta LRT Jakarta, Jadwal Uji Coba Gratis hingga Bus yang Terintegrasi

7 Tarian Unik yang Paling Populer dari Berbagai Negara di Dunia

8 Tips Menghemat Paket Data Internet saat Liburan ke Luar Negeri

5 Rekomendasi Menu Makan Siang di Sekitar Gunung Kidul

Meski Banyak Duri, Kaktus Ternyata Bisa Dimakan, Begini Cara Mengonsumsinya

(TribunTravel.com/ Ratna Widyawati)

Ikuti kami di
Penulis: Ratna Widyawati
Editor: Arif Setyabudi Santoso
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved