Lebaran 2019

Di Jalur Pantura Lamongan-Surabaya, Ada Pos Pelayanan Rumah Adat untuk Pemudik

Polres Gresik menyiapkan pos pelayanan yang unik untuk melayani pemudik di jalur pantura Lamongan-Surabaya.

Di Jalur Pantura Lamongan-Surabaya, Ada Pos Pelayanan Rumah Adat untuk Pemudik
KOMPAS.com / HAMZAH
Perwakilan dari Polda Jatim, Kompol Adhitya Panji Anom (dua dari kiri) saat berkunjung di pos pelayanan model rumah adat Polres Gresik, Kamis (30/5/2019). 

TRIBUNTRAVEL.COM - Polres Gresik menyiapkan pos pelayanan yang unik untuk melayani pemudik di jalur pantura Lamongan-Surabaya.

Mereka mendesain pos pelayanan dengan model rumah joglo (jawa), rumah adat Minang, rumah adat Banjar, Papua, dan Sulawesi.

Pos pelayanan berbentuk rumah adat di Indonesia itu juga dilengkapi dengan fasilitas yang lengkap untuk pemudik agar bisa beristirahat setelah lelah berkendara.

"Kami memang instruksikan kepada jajaran Polres yang ada dalam jajaran Polda Jatim untuk berlomba, berinovasi dalam mendirikan pos pelayanan mudik dengan berbagai fasilitas penunjang untuk pemudik. Yang itu akan kami nilai," ujar Kasubditkamsel Katim I Polda Jatim, Kompol Adhitya Panji Anom, saat berkunjung di pos pelayanan Polres Gresik, Kamis (30/5/2019). 

Selain bangunan terlihat bagus, Adhitya juga memuji kelengkapan fasilitas yang disediakan jajaran Polres Gresik kepada para pemudik di pos pelayanan ini.

Pos pelayanan diletakkan di lahan SPBU, serta dilengkapi tempat istirahat, ruang bermain untuk anak, musala, tempat parkir yang memadai, bengkel, kafe, toilet, ruang cek up kesehatan, hingga ruang penjagaan, dan traffic management centre.

"Fasilitasnya bagus, cukup lengkap pula. Semoga pelayanan yang diberikan, dapat membantu para pemudik dalam perjalanan sehingga selamat sampai tempat tujuan," kata dia.

Sementara Kasatlantas Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto menjelaskan, pemilihan konsep rumah adat di Indonesia untuk pos pelayanan edisi tahun ini dengan tema Unity in Diversity atau perbedaan dalam persatuan.

"Indonesia ini kan kesatuan, banyak suku, banyak pulau, tapi tetap satu NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia). Jadi unsur kesatuan, bhinneka tunggal ika itulah yang ingin kita tonjolkan," ucap dia.

Pos pelayanan Polres Gresik juga menggandeng lintas instansi dan berbagai pihak yang berkompeten dalam memberikan pelayanan maksimal bagi para pemudik, seperti Dinas Kesehatan Gresik untuk memberikan pelayanan kesehatan dan PT Toyota Astra untuk menangani jika ada keluhan masalah kendaraan.

"Jadi lengkap, semua fasilitas ada di sini dan siap memberikan pelayanan terbaik sekaligus membantu pemudik supaya selamat hingga tempat tujuan," tutur Wikha.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Unik, Ada Pos Pelayanan Rumah Adat untuk Pemudik di Jalur Pantura.

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved