Kenapa Kaltim Cocok jadi Ibu Kota Baru Indonesia? Berikut 3 Faktor yang Mendukung

Presiden RI Joko Widodo menilai bahwa kondisi infrastruktur di Kalimantan Timur cocok untuk menjadi calon ibu kota baru Republik Indonesia.

Kenapa Kaltim Cocok jadi Ibu Kota Baru Indonesia? Berikut 3 Faktor yang Mendukung
kompas.com
Peta Indonesia 

TRIBUNTRAVEL.COM - Presiden RI Joko Widodo menilai bahwa kondisi infrastruktur di Kalimantan Timur cocok untuk menjadi calon ibu kota baru Republik Indonesia.

Jokowi menyebutkan, nama Kalimantan Timur sudah muncul dalam studi sekitar 1,5 tahun ini.

Apa alasan Jokowi menilai Kaltim cocok menjadi ibu kota?

1. Infrastruktur lengkap

Jokowi mengatakan, Kalimantan Timur sudah memiliki infrastruktur yang lengkap, mulai dari bandara internasional, pelabuhan laut, hingga tol.

"Artinya, itu akan menghemat banyak biaya," kata Jokowi ketika meninjau kawasan Bukit Soeharto di Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (7/5/2019).

Namun, lanjut Jokowi, tentu saja masih perlu kajian dari aspek lainnya, seperti sosiologisnya dan sosiopolitiknya yang perlu dipertajam.

"Selain itu, urusan lingkungan, pemenuhan kebutuhan air seperti apa, juga dari sisi kebencanaan seperti apa, entah banjir, gempa bumi atau lainnya," katanya.

2. Fasilitas mendukung

Menurut Jokowi, infrastruktur dan fasilitas lengkap yang ada sudah berfungsi untuk mendukung Kalimantan Timur menjadi ibu kota baru.

Halaman
12
Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved