Ramadan 2019

Rumah Makan di Solo yang Buka Siang Hari Diimbau Pasang Tirai Selama Bulan Ramadan

Pemkot Surakarta mengimbau seluruh penjual makanan yang buka siang hari untuk memasang penutup atau tirai pada tempat usahanya.

Rumah Makan di Solo yang Buka Siang Hari Diimbau Pasang Tirai Selama Bulan Ramadan
TribunWow.com/Rusintha Mahayu
Ramadan 2019 

TRIBUNTRAVEL.COM - Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta mengimbau seluruh penjual makanan atau rumah makan yang buka siang hari untuk memasang penutup atau tirai pada tempat usahanya selama Ramadan.

Pemasangan penutup atau tirai untuk menghormati masyarakat yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Kepala Bidang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Surakarta Agus Sis Wuryanto mengatakan, tidak ada larangan bagi para penjual makanan atau rumah makan berjualan pada bulan puasa. 

Asalkan, jelas Agus, para penjual makanan dan rumah makan tersebut memasang penutup atau tirai di tempat usahanya agar tidak kelihatan mencolok.

"Boleh buka, tapi iya harus dikasih penutup. Tidak terlalu terbuka. Untuk menghargai masyarakat yang melaksanakan puasa," jelas Agus di Solo, Jawa Tengah, Rabu (1/5/2019).

Agus juga mengatakan, pihaknya akan selalu menggiatkan patroli selama Ramadan.

Patroli ini dilaksanakan sehari lima kali keliling di setiap wilayah di Solo, khususnya di tempat hiburan malam dan rekreasi.

"Setiap hari ada 24 petugas yang ikut dalam patroli. Patroli kita lakukan tiga kali dalam sehari," imbuh dia. 

Dia menuturkan apabila dalam patroli masih ditemukan tempat hiburan malam atau rekreasi beroperasi di luar jam ketentuan selama Ramadan, akan diberikan sanksi.

Sanksi tersebut berupa teguran, pembinaan, hingga pencabutan izin usaha.

Salah seorang penjual makanan di Selter Manahan Solo, Rati mengaku siap mengikuti ketentuan dan aturan yang diterapkan Pemkot Surakarta selama Ramadan.

"Saya siap untuk mengikuti peraturan yang ada. Soalnya ini kan sudah setiap tahun bulan Ramadan," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Di Surakarta, Rumah Makan yang Buka Siang Hari Diimbau Pasang Tirai Selama Ramadhan.

Ikuti kami di
Tags
Surakarta
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved