Breaking News:

Bandara YIA Siap Beroperasi, Berikut Daftar Maskapai dan Rute Penerbangan Domestik yang Dipindah

Rencananya, pendaratan pertama sekaligus peresmian operasional minimum bandara YIA Kulonprogo akan dilakukan pada 29 April 2019 mendatang.

istimewa
Perkembangan pembangunan NYIA di Temon, Kabupaten Kulon Progo. Foto diambil 15 April 2019. 

TRIBUNTRAVEL.COM - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) direncanakan siap beroperasi pada akhir bulan April 2019 mendatang.

Sejumlah persiapan dan infrastruktur pun disebut telah siap dan mengantongi izin dari Kemenhub.

Rencananya, pendaratan pertama sekaligus peresmian operasional minimum bandara YIA Kulon Progo akan dilakukan pada 29 April 2019 mendatang.

Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019).
Kondisi perkembangan pembangunan bandara YIA di Kulon Progo hingga Selasa (23/4/2019). (TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu)

Namun untuk penerbangan internasional yang awalnya direncanakan bakal dioperasikan di bandara YIA, akhirnya dibatalkan.

PT Angkasa Pura I justru akan menggelar penerbangan domestik di bandara baru itu.

Demikian disampaikan oleh Direktur Utama PT Angkasa Pura (AP) I, Faik Fahmi. 

Menurutnya, awalnya memang direncanakan penerbangan internasional dulu yang akan dioperasikan di YIA karena bandaranya sudah siap.

 

Hanya saja, seiring perkembangan waktu, dua maskapai penerbangan internasional yang rencana semula akan menggelar operasi penerbangan di YIA malah belum siap.

Kedua maskapai penerbangan tersebut yakni AirAsia dari Malaysia dan Silk Air dari Singapura.

"Ada sertifikasi yang harus diproses di negaranya dan mereka butuh waktu sampai 8 minggu untuk persiapan (terbang di YIA). Jadi, karena kita sudah siap ya kita pakai dulu untuk domestik. Penerbangan internasional tetap di Adisucipto. Sudah fix," kata Faik seusai peresmian Masjid Al AKbar di kompleks YIA, Kamis (25/4/2019).

Bangunan terminal penumpang bandara NYIA atau YIA alias BIY terlihat dari sisi landasan pacu dan taxiway, Sabtu (20/4/2019).
Bangunan terminal penumpang bandara NYIA atau YIA alias BIY terlihat dari sisi landasan pacu dan taxiway, Sabtu (20/4/2019). (tribunjogja/ing)

Ditambahkannya, ada beberapa maskapai penerbangan domestik yang menurutnya berminat untuk melakukan penerbangan komersial di YIA pada akhir April ini.

Yakni, Garuda Indonesia Group, AirAsia Indonesia, serta Lion Air Group yang akan membuka rute baru.

Garuda Indonesia dan Air Asia Indonesia akan menerbangkan pesawatnya dengan destinasi Jakarta-Yogyakarta.

Sedangkan Lion Air Group akan membuka rute dari Bali, Balikpapan, dan Batam.

"Ada lima flight mudah-mudahan. Ini sekaligus untuk antisipasi musim Lebaran. Penerbangan komersial masih sesuai rencana dimulai 29 April," kata Faik.

 

Sekarang ini pihaknya masih menyiapkan semua prosesnya serta menyelesaikan temuan Hazard Identification and Risk Assessment (HIRA) atau penilaian potensi risiko dan gangguan yang dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Diharapkan penyelesaiannya rampung di 26 April untuk selanjutnya digelar joy flight pada 27 April sebagai pendaratan perdana dan simulasi operasi bandara tersebut.

Landasan pacu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, 2019
Landasan pacu Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) di Temon, Kulonprogo, 2019 (IST)

Sebelumnya, saat meninjau YIA pada Rabu (24/4/2019), Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memang mengusulkan agar YIA melayani penerbangan domestik pada saat operasi perdananya.

Ia membuka kemungkinan bahwa penerbangan domestiklah yang justru akan beroperasi perdana di YIA.

Ini lantaran kebutuhan waktu persiapan untuk penerbangan internasional lebih lama sekitar dua minggu dan saat ini masih dilakukan finalisasi maskapai mana saja yang sudah siap untuk beroperasi di YIA.

Halaman
12
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved