TPS UNIK: Desa di Temanggung Ini Gelar Pesta Demokrasi Santai dengan Suasana Seperti di Pantai

Di seberang bilik suara, terdapat deretan buah kelapa muda di atas meja, berjajar rapi. Buah kelapa itu berhias tulisan, KPPS 1, 2, 3, 4, 5, dan saksi

TPS UNIK: Desa di Temanggung Ini Gelar Pesta Demokrasi Santai dengan Suasana Seperti di Pantai
yayan izro roziki
Petugas sedang mendekorasi TPS berkonsep pantai. (yan) 

TRIBUNTRAVEL.COM - Diiringi lagu-lagu reage, beberapa orang masih tampak sibuk menghias temmpat pemungutan suara (TPS) 4 Desa Kutoanyar, Kecamatan Kedu, Kabupaten Temanggung, Selasa (16/4) malam.

Ruang di sebuah rumah milik warga setempat itu, didekorasi seperti suasana pantai.

Di ujung ruangan, terdapat dua miniatur pohon kelapa‎, di sisi kanan dari arah kedatangan calon pemilih terdapat empat bilik suara tempat mencoblos surat suara. Di dekatnya, terdapat kursi santai panjang, yang biasa terdapat di pinggir-pingir pantai atau kolam renang.

Menunjukkan siapa orang yang duduk di belakang meja. ‎

Di atas pintu depan, calon pemilih disambut tulisan berukuran tak begitu besar 'PESTA DEMOKRASI Ciptakan Suasana Damai Seperti di Pantai'. Kesan yang santai yang hendak diciptakan oleh kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) setempat begitu menonjol, kuat.

‎Ketua KPPS setempat, M. Maksudi, mengatakan pihaknya sengaja membuat konsep pantai di TPS tersebut. Menurutnya, suasana pantai selalu mengesankan santai. Terlebih, bila sayup-sayup terdengar suara musik beraliran reage.

"Kami ingin, pesta demokrasi ini bisa berjalan damai. Yang datang menggunakan hak pilihnya bisa merasakan suasana santai kayak di pantai," ‎ujarnya.

‎Menurutnya, suasana pantai hampir selalu memberikan kedamaian bagi siapa saja yang ada di sana. Terlebih bila ada suara musik yang mengiringi aktivitas apa pun di pantai.

Karena itu, ia berharap masyarakat yang datang dapat menyalurkan hak pilihnya secara riang gembira. Selain itu, suasana santai dan damai diharapakan dapat meminimalisir gesekan antar warga masyarakat meski mereka berbeda pilihan.

"Yang jelas, mari jadikan suasana dalam Pemilu ini ‎santai kayak di pantai. Semoga Pemilu ini sukses tanpa ekses," harap dia.

Dituturkan, butuh waktu tiga hari untuk mempersiapkan setting TPS berkonsep pantai ini. Mulai dari munculnya ide, hingga mencari dan menyiapkan properti yang digunakan.

Diakui, awalnya ide yang hendak digunakan adalah konsep 'Dilan'. Di mana, para petugas akan menggunakan kostum laiknya Dilan, yang sedang menarik perhatian di masyarakat.

"Konsep itu tak jadi digunakan, karena nantinya mengharuskan petugas mengenakan pakaian putih," akunya.
Saat galau ingin mengganti konsep yang diusung, tetiba muncul konsep pantai dari seorang anggota KPPS.

"Saat sedang mendengar musik reage, tiba-tiba terlintas konsep pantai di kepala salah seorang anggota, dan itu disetujui oleh semuanya," tandas‎ Maksudi. Seraya menambahkan, berdasarkan data terdapat 264 orang yang akan menggunakan hak pilihnya di sana.

Artikel ini telah tayang di Tribunjateng.com dengan judul TPS UNIK: Pesta Demokrasi Santai Seperti di Pantai di Desa Kutoanyar Kabupaten Temanggung‎

Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jateng
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved