Taman Nasional Zhangjiajie, Situs Warisan Dunia dengan Pemandangan Mirip di Negeri Avatar

Jauh di wilayah Provinsi Hunan terdapat sebuah 'pahatan alam' yang sungguh indah. Batu-batu berdiri seperti tiang, menjulang tinggi diselimuti kabut.

Taman Nasional Zhangjiajie, Situs Warisan Dunia dengan Pemandangan Mirip di Negeri Avatar
China Daily
Taman Nasional Zhangjiajie 

TRIBUNTRAVEL.COM - Jauh di wilayah Provinsi Hunan terdapat sebuah 'pahatan alam' yang sungguh indah.

Batu-batu berdiri seperti tiang, menjulang tinggi diselimuti kabut dan jurang yang dalam.

Formasi batuan ini, merupakan hasil dari proses geologis alami yang terjadi ribuan tahun.

Adapun ini merupakan fenomena alam yang bisa dilihat di Taman Nasional Zhangjiajie, China.

Taman ini berhasil menarik setidaknya 30 juta wisatawan setiap tahunnya. Para pengunjung sepakat bahwa pemandangan alam tersebut mirip dengan pemandangan di film Avatar.

Hal itu pula yang melatarbelakangi ide munculnya istilah Avatar Hallelujah Mountain' untuk menamakan salah satu puncak tiang batu tersebut.

Istilah itu diresmikan oleh pemerintahan setempat pada Januari 2010 lalu.

Taman Nasional Zhangjiajie
Taman Nasional Zhangjiajie (Wikimedia Common)

Daerah terpencil itu dulunya hanya dikenal setidaknya oleh tiga suku setempat. Meliputi klan Tujia, Miao, dan Bai. Namun sekarang, para peminat wisata alam dari seluruh dunia mengenalinya.

Sebagaimana dilansir Lonely Planet, setidaknya terdapat 243 puncak utama yang menjulang ratusan kaki dan lebih dari 3000 puncak-puncak kecil yang mendominasi pemandangan alam di taman nasional yang sudah ditetapkan sebagai salah satu situs warisan dunia oleh UNESCO ini.

Taman Nasional Zhangjiajie
Taman Nasional Zhangjiajie (Wikimedia Common)

Tiang-tiang batu ini juga dihiasi dengan berbagai macam vegetasi yang rimbun, membuatnya tampak seolah bebatuan itu berwarna hijau.

Warna hijau ini berpadu dengan rona biru hamparan langit yang dibalut oleh kabut tipis berwarna putih. Ini juga menjadi atraksi alam yang sungguh menarik hingga membuatnya seperti berada di dunia lain.

Sementara itu, flora memang bukan satu-satunya yang tumbuh subur di puncak ini. Wisatawan yang melakukan perjalanan di jalur utama juga kerap kali menemukan berbagai macam fauna semisal kera yang tampaknya sudah terbiasa bersentuhan dengan manusia di habitat mereka.

Artikel ini telah tayang di Tribunjogja.com dengan judul Situs Warisan Dunia Ini Sungguh Indah, Seperti Pemandangan di Negeri Avatar

Ikuti kami di
Editor: Rizky Tyas Febriani
Sumber: Tribun Jogja
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved