Lebar 117 Meter dan Berat 226 Ton, Inikah Pesawat Terbesar di Dunia?

Perusahaan transportasi ruang angkasa, Stratolaunch untuk pertama kalinya meluncurkan pesawat terbang terbesar di dunia.

Lebar 117 Meter dan Berat 226 Ton, Inikah Pesawat Terbesar di Dunia?
engadget.com
Stratolaunch 

TRIBUNTRAVEL.COM - Rekor dunia kembali pecah, kali ini pada kategori pesawat terbang.

Perusahaan transportasi ruang angkasa, Stratolaunch untuk pertama kalinya meluncurkan pesawat terbang di dunia pada uji coba pada Sabtu (13/4/2019) waktu setempat.

Dengan lebar 117,3 meter dan berat mencapai 226 ton, pesawat ini mampu terbang selama 150 menit sebelum kembali mendarat dengan mulus.

Seperti dilansir Nextren dari theverge, pesawat ini mampu terbang hingga 35 ribu kaki atau sekitar 10 kilometer di atas permukaan air laut.

Stratolaunch membuat pesawat ini sebagai alat bantu untuk meluncurkan roket ke ruang angkasa.

Salah satu konsumen Stratolaunch, Northop Grumman bahkan sudah memesan dan digunakan untuk menerbangkan roket Pegasus XL ke ruang angkasa.

Pesawat ini sempat terhambat karena beberapa peristiwa seperti pemecatan 50 karyawan pada 3 bulan lalu, batalnya produksi roket, hingga meninggalnya co-founder Microsoft sekaligus pendiri Stratolaunch, Paul Allen.

Paul Alen, pendiri Stratolaunch yang telah meninggal pada 2018 lalu.

Paul Allen mendirikan Stratolaunch pada 2011 dan saat itu juga menginisiasi pembuatan pesawat terbesar untuk membantu peluncuran roket.

Sayangnya, Paul belum sempat melihat pesawatnya terbang, ia meninggal pada 15 Oktober 2018 silam.

Dengan suksesnya pesawat terbesar di dunai in terbang, bukan tidak mungkin akan ada perkembangan teknologi ruang angkasa.

Dengan lebar hingga 117 meter, Stratolaunch sukses menerbangkan pesawat terbesar ini.

Artikel ini telah dimuat di Nextren.grid.id dengan judul Stratolaunch Terbangkan Pesawat Terbesar di Dunia, Lebarnya 117 Meter!

Ikuti kami di
Editor: Sinta Agustina
Sumber: Grid.ID
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved