KAI Rilis Kereta Penolong Versi Terbaru yang Lebih Lengkap, Lihat Keunggulannya

PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan meluncurkan Kereta Penolong versi terbaru yang lebih lengkap di Stasiun Bandung.

KAI Rilis Kereta Penolong Versi Terbaru yang Lebih Lengkap, Lihat Keunggulannya
Tribun Jabar
Kereta Penolong yang Diluncurkan oleh KAI 

TRIBUNTRAVEL.COM - PT Kereta Api Indonesia (KAI) meresmikan meluncurkan Kereta Penolong versi terbaru yang lebih lengkap di Stasiun Bandung.

Pada satu rangkaian Kereta Penolong terdiri dari satu unit Kereta Penolong 1 yang berfungsi untuk evakuasi sarana KA dan satu unit Kereta Penolong 2 untuk evakuasi penumpang dan kru KA.

Pada versi terdahulunya, Kereta Penolong hanya berfungsi untuk melakukan evakuasi sarana kereta api seperti kereta, gerbong, dan lokomotif ketika terjadi gangguan dalam perjalanan.

Sedangkan Kereta Penolong versi yang terbaru dilengkapi dengan fasilitas IGD untuk evakuasi penumpang dan petugas yang mengalami luka-luka.

8 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan Sebelum Memesan KA Lokal Lewat KAI Access

Kereta Penolong terbaru ini diproduksi oleh KAI dengan tujuan agar proses evakuasi lebih cepat apabila terjadi peristiwa luar biasa hebat (PLH).

Dilansir dari Tribun Jabar, Direktur KAI Edi Sukmoro mengatakan rangkaian Kereta Penolong terbaru ini memungkinkan proses evakuasi tidak hanya fokus pada penanganan gangguan perjalanan kereta api, akan tetapi perhatian juga pada korban kecelakaan KA atau PLH tersebut.

Keunggulan lain Kereta Penolong terbaru ini adalah sudah memiliki tenaga penggerak sendiri yang pembuatannya menggunakan metode alih fungsi dari KRD (kereta rel diesel).

Kereta Penolong tersebut tidak perlu ditarik lokomotif, maka waktu yang diperlukan untuk mencapai lokasi kejadian bisa diminimalisasi.

Hal ini dimungkinkan karena persiapan armada untuk diberangkatkan menjadi lebih singkat.

Tiket Kereta Api Lebaran 2019 Sudah Bisa Dipesan di Website dan KAI Access, Simak Panduannya

KAI memproduksi rangkaian Kereta Penolong ini di Balai Yasa Yogyakarta sejak bulan Juli 2018 dan telah menjalani uji statis dan dinamis hingga laik untuk dioperasikan pada November 2018.

Halaman
12
Ikuti kami di
Penulis: Gigih Prayitno
Editor: Ambar Purwaningrum
Sumber: Tribun Travel
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved